Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Kebakaran Hebat, Maui Barat Buka Lagi untuk Turis Mulai 1 November

Kompas.com - 31/10/2023, 16:53 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

Sumber APnews

KOMPAS.com - Maui Barat di Hawaii akan kembali membuka kotanya untuk pariwisata pada 1 November 2023 kecuali bagian yang terbakar di Lahaina, setelah Agustus lalu mengalami kebakaran hebat paling mematikan di Amerika Serikat selama lebih dari satu abad terakhir.

Dikutip dari AP News, Wali Kota Richard Bissen mengatakan, langkah tersebut diambil setelah berbicara dengan tim penasihat Lahaina, Palang Merah, dan mitra-mitra lainnya.

Baca juga: Di Mana Lokasi Pulau Maui Hawaii? 

Bissen mengatakan, para pekerja sudah siap kembali ke rutinitas, tetapi memahami bahwa ada sebagian orang yang masih belum bisa melakukannya.

"Mereka yang belum siap kembali bekerja pada 1 November dapat berbicara dengan atasannya dan terus mencari bantuan dan perhatian yang dibutuhkan," ucap Bissen dalam konferensi pers di Lahaina, Hawaii, Senin (30/10/2023) yang disiarkan secara online, seperti dikutip AP News.

Adapun Maui Barat memiliki sekitar 11.000 kamar hotel atau sekitar setengah dari total kamar hotel di Maui.

Pada kebakaran 8 Agustus lalu yang melanda Lahaina, para wisatawan dievakuasi dari hotel-hotel tersebut. Sedikitnya 99 orang meninggal dunia dan lebih dari 2.000 bangunan hancur.

Baca juga: 6 Fakta Pulau Maui Hawaii yang Hangus Dilahap Kobaran Api 

Gubernur Hawaii Josh Green bulan lalu mengatakan pembukaan kembali pariwisata secara resmi pada 8 Oktober, sehingga masyarakat dapat kembali bekerja dan inilah yang sangat dibutuhkan untuk pemulihan ekonomi.

Namun, terdapat modifikasi dalam deklarasi gubernur sehingga pembukaan dilakukan bertahap, dimulai dengan bagian kecil di tepi utara Maui Barat terlebih dahulu dan lainnya menyusul pada waktu yang belum ditentukan.

Sebelumnya, sempat terjadi pro dan kontra di masyarakat tentang kapan wilayah tersebut dapat kembali membuka diri untuk pariwisata pascabencana.

Baca juga: Kebakaran Hawaii, Kota Bersejarah Ini Luluh Lantak 

Beberapa penduduk sampai membuat petisi untuk menentang kembalinya para turis dan mengatakan bahwa mereka belum siap.

Adapun menurut Bissen, jadwal pembukaan kembali ini bersifat sukarela dan mengatakan bahwa beberapa properti telah dibuka kembali dengan sendirinya.

@kompastravel Gimana guyss, tertarik berkunjung ke sinii? Yuk, save dulu aja informasi ini dan share ke temen ngebolang kamu ???? #ikn #iknnusantara #kalimantanhits #explorekalimantan #wisatakalimantan ? Beautiful Day - Coldiac
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com