Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Thrifting di Pasar Santa, Bisa Beli Apa Saja?

Kompas.com - 06/11/2023, 14:44 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar modern di Jakarta Selatan bernama Santa Modern Market, atau lebih dikenal dengan Pasar Santa, bisa jadi tempat menarik untuk berakhir pekan. Khususnya jika ingin thrifting atau belanja barang-barang bekas berkualitas.

Anak-anak muda bisa menuju area lantai atas Pasar Santa yang diisi oleh berbagai toko kios barang-barang thrift. Selain itu, ada juga aneka kuliner dan toko buku.

Baca juga:

"Tahun 2014 lalu, bisa dibilang di sini yang pertama menjadi pencetus pasar modern dengan konsep ada kuliner, tempat nongkrong anak muda, kopi, dan barang-barang thrift," kata pemilik kios Acraft bernama Adam saat ditemui di lokasi, Rabu (1/11/2023). 

Oleh karena itu, pencinta barang kuno, kolektor, atau bagi yang ingin sekadar nongkrong bersama teman-teman bisa coba mampir ke tempat ini. 

Pasar Santa atau Santa Modern Market beralamat di Jalan Cipaku I Nomor 1, Petogogan, Kecamatan Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

Rata-rata kios di lantai atas beroperasi setiap Senin-Minggu, mulai pukul 11.00 WIB hingga 20.00 WIB. Adapun kios-kios di lantai dasar dan lantai basement dibuka setiap hari, dengan jam operasional yang lebih awal. 

Belanja barang thrift di Pasar Santa, dapat apa saja?

Lantas, apa saja barang-barang thrift unik yang bisa ditemukan di Pasar Santa? Berikut beberapa di antaranya. 

1. Pakaian

Suasana kios barang-barang thrift yang unik di Lantai Satu Pasar Santa, Jakarta Selatan, pada Selasa (2/11/2023). KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Suasana kios barang-barang thrift yang unik di Lantai Satu Pasar Santa, Jakarta Selatan, pada Selasa (2/11/2023).

Pencinta fesyen atau kolektor baju-baju vintage bisa puas menemukan beragam pilihan pakaian seken di Pasar Santa.

Pakaian adalah yang tampaknya mendominasi kios-kios di Pasar Santa. Dengan demikian, kamu dapat memilih aneka pakaian thrift dengan kualitas bagus dan harga terjangkau.

Namun biasanya, semakin lama usia pakaian, harganya juga semakin mahal. Koleksi seperti itulah yang banyak dicari para kolektor.

"Baju laki-laki mulai Rp 150.000 sampai Rp 2 juta-an ya. Harganya yang mahal kaya jins ini karena dari tahun 1980-an," kata seorang pedagang dari kios Blinders.room bernama Elang.

Selain baju atasan dan bawahan, beberapa kios di Pasar Santa juga menjual aneka topi, sepatu, tas, dan jaket.

Baca juga:

2. Perhiasan dan aksesori

Salah satu kios yang menjual perhiasan, Acraft, di Pasar Santa, Jakarta Selatan. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Salah satu kios yang menjual perhiasan, Acraft, di Pasar Santa, Jakarta Selatan.

Pakaian terasa kurang lengkap tanpa ada perhiasan sebagai pemanis. Kios-kios di Pasar Santa juga menawarkan beberapa perhiasan, seperti cincin, kalung, dan gelang.

Salah satunya di Toko Acraft, kios yang mengusung gaya bohemian chic atau bohemian style. Perhiasan dan aksesoris unik bergaya vintage bisa ditemukan di tempat ini. 

Aneka perhiasan yang dipamerkan pun cukup lengkap dan variatif. Harga cincin mulai Rp 10.000, gelang mulai Rp 20.000, kalung mulai Rp 30.000, serta cincin atau perhiasan perak asli Rp 200.000-an.

Selain perhiasan, kamu juga dapat menukan poster, cermin, aksesoris pakaian, dan aksesoris kamar. 

Baca juga: Cara ke Pasar Santa Naik TransJakarta dari Tangerang

Halaman Berikutnya
Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com