Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Thrifting di Pasar Santa di Kebayoran, Datang Sore Hari

Kompas.com - 06/11/2023, 12:58 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mencari tempat thrifting (berburu barang seken baik impor maupun lokal) yang bisa sekaligus jadi tempat nongkrong? Kamu bisa datang ke Pasar Santa di Jakarta Selatan. 

Barang seken berupa pakaian, aksesori, dan barang antik bisa ditemukan di lantai satu Pasar Santa yang sudah berganti nama menjadi Santa Modern Market. 

Baca juga:

"Aku menjual aksesoris, pernak-pernik kamar bergaya kuno, benda antik, sampai koleksi yang tadinya aku suka, yang unik-unik ada di sini. Semacam galeri barang unik, termasuk figur dan mainan," kata salah seorang pedagang kios Acraft bernama Adam di lokasi, Rabu (1/11/2023). 

Selain aneka benda thrift, lantai satu atau lantai atas Pasar Santa juga jadi lokasi untuk berburu aneka kuliner dan mengunjungi toko buku independen.

Adapun Pasar Santa beralamat di Jalan Cipaku I Nomor 1, Petogogan, Kecamatan Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

Untuk jam operasional, Pasar Santa cukup unik karena tidak ada jam buka tetap alias tergantung tenant masing-masing.

Rata-rata kios di lantai atas beroperasi setiap Senin-Minggu, mulai pukul 11.00 WIB hingga 20.00 WIB. Adapun untuk kios di lantai dasar dan lantai basement biasanya buka lebih pagi.

Tips thrifting di Pasar Santa

Berikut beberapa tips yang bisa diperhatikan, agar kunjunganmu sambil berbelanja bisa lebih nyaman. 

1. Datang sore hari

Suasana kios barang thrift di Pasar Santa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (1/11/2023). KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Suasana kios barang thrift di Pasar Santa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (1/11/2023).

Dari pantauan Kompas.com di lapangan, layaknya pasar pada umumnya, Pasar Santa tidak memiliki pendingin ruangan. Beberapa kios memanfaatkan kipas angin dan angin alami.

Oleh karena itu, untuk meminimalisasi rasa panas dan gerah, kamu sebaiknya datang dari sore sampai malam hari. Saat sore, udaranya relatif cukup sejuk. 

Apalagi, kios barang-barang unik yang dijual di lantai atas mayoritas baru buka pukul 11.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB.

Akan tetapi, jangan juga datang terlalu malam karena kamu akan kurang puas dan terburu-buru saat belanja. 

Untuk hari, usahakan datang selain hari Senin atau Selasa karena pada kedua hari itu biasanya lebih banyak toko yang tutup.

Baca juga:

2. Bawa kipas

Suasana kios kaset jadul dan vinyl di Lantai Satu Pasar Santa, Jakarta Selatan, pada Selasa (2/11/2023). KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Suasana kios kaset jadul dan vinyl di Lantai Satu Pasar Santa, Jakarta Selatan, pada Selasa (2/11/2023).

Jika kamu mudah kegerahan dan merasa panas, ada baiknya tetap membawa kipas kecil. Terutama jika datang saat siang hari.

Selain membawa kipas, kenakan juga pakaian yang simpel, tidak berlapis, dan menyerap keringat agar aktivitas belanja semakin nyaman.

Baca juga: 4 Tips Beli Buku di Post Santa, Datang Saat Hari Kerja

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com