Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Waktu Terbaik Naik Kano Mangrove Baros Yogyakarta?

Kompas.com - 26/11/2023, 09:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Wisata Kano Mangrove Baros merupakan salah satu obyek wisata di Yogyakarta yang tengah viral di media sosial. Sebab, obyek wisata ini menawarkan pengalaman anti-mainstream, yakni susur sungai naik kano.

Ketua Pengelola Wisata Kano Mangrove Baros, Ari Saputro mengatakan, wisatawan akan diajak menyusuri Sungai Baros di Bantul, naik kano selama 30 menit hingga satu jam.

“Kami launching pada 7 Agustus 2022. Awalnya kami buka di Sungai Opak, tapi dengan melihat risiko tinggi, angin kencang, kedalaman tujuh hingga delapan meter, dan lebar puluhan meter, dengan risiko seperti itu kami akhirnya pindah ke anakan sungai, dan ternyata banyak peminat,” ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (25/11/2023).

Baca juga:

Sepanjang perjalanan, lanjut Ari, wisatawan bisa menjumpai hutan mangrove, pohon cemara, tanaman herbal, pohon pandan, bangunan irigasi peninggalan Belanda, dan panorama matahari terbenam (sunset).

“Wisatawan juga bisa melihat hewan liar, karena kawasan ini adalah area konservasi, jadi hewan dan tumbuhan benar-benar dijaga,” jelasnya.

Wisata Kano Mangrove Baros, di Kretek, Bantul, Yogyakarta, yang menawarkan kegiatan susur sungai sembari melihat hutan mangrove dan panorama sunset. 
Dok. Wisata Kano Mangrove Baros Wisata Kano Mangrove Baros, di Kretek, Bantul, Yogyakarta, yang menawarkan kegiatan susur sungai sembari melihat hutan mangrove dan panorama sunset.

Harga tiket Wisata Kano Mangrove Baros dibagi menjadi dua kategori, yakni paket Rp 25.000 dan Rp 50.000 per orang.

Untuk paket senilai Rp 25.000, wisatawan akan diajak menyusuri Sungai Baros selama 30 menit. Sedangkan, paket senilai Rp 50.000 durasinya lebih panjang mencapai satu jam.

“Harga tersebut sudah termasuk pemandu, wajib ada pemandu kalau wisatawan tidak mau ada pemandu, terpaksa kami tolak karena faktor safety (keamanan) paling utama bagi kami,” tutur Ari.

Selain pemandu, wisatawan juga mendapatkan perlengkapan seperti kano, dayung, pelampung, helm, sepatu, dan gratis air mineral dan mi instan bagi pembeli paket Rp 50.000.

Jika ingin menjajal keseruan susur sungai naik kano, lokasinya berada di dekat Jembatan Kretek 2. Tepatnya di Kalurahan Tirtohargo, Kretek, Bantul, Yogyakarta.

Baca juga:

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

 

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com