Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Tempat Wisata Gratis di Banten untuk Libur Sekolah, Bisa Naik Kano

Kompas.com - 20/06/2023, 18:11 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jika mencari tempat libur sekolah selain Jakarta namun tidak ingin terlalu jauh dari ibu kota, alternatifnya bisa berkunjung ke Provinsi Banten.

Ada beragam destinasi wisata menarik di sejumlah area, termasuk Tangerang dan Tangerang Selatan.  

Baca juga:

Meski ada beberapa tempat yang harus bayar karcis parkir atau tiket untuk wahana tertentu, ada beberapa destinasi wisata di Banten yang secara umum tidak berbayar atau gratis, cocok untuk libur sekolah.  

Destinasi wisata gratis di Banten

Berikut beberapa destinasi wisata gratis di Banten yang bisa menjadi rekomendasi untuk liburan sekolah bersama keluarga, seperti dihimpun dari Kompas.com, Selasa (20/6/2023). 

1. Alun-alun Kota Tangerang

Warga berolahraga di Alun-Alun Kota Tangerang, Jumat (12/11/2021) yang sedang diuji coba.WARTA KOTA/ M Nur Ichsan Arief Warga berolahraga di Alun-Alun Kota Tangerang, Jumat (12/11/2021) yang sedang diuji coba.

Masyarakat yang ingin berolahraga sambil rekreasi gratis bisa datang ke Alun-alun Kota Tangerang atau dikenal juga sebagai Lapangan Ahmad Yani.

Di tempat ini, ada banyak fasilitas olahraga yang bisa digunakan secara gratis. Beberapa di antaranya seperti jogging track atau lintasan lari, taman, dan fasilitas panjat tebing (wall climbing).

Baca juga: Masjid Agung Banten, Ada Menara Unik Mirip Mercusuar

Biasanya banyak warga yang melakukan aktivitas olahraga seperti berlari, bermain sepak bola, dan bulutangkis pada sore atau pagi hari. Selain itu, orangtua juga mendampingi anak-anaknya bermain.

2. Taman Potret

Taman PotretDok. Shutterstock/Lia Herawati Taman Potret

Taman Potret termasuk salah satu tempat wisata gratis di Tangerang. Alamatnya adalah di Babakan, Kota Tangerang, Banten, tepatnya di samping Tangcity Mall.

Di taman ini terdapat jalur pedestrian yang bisa dimanfaatkan untuk berolahraga ringan, serta tempat duduk untuk bersantai. Ada pula jogging track yang bisa dipakai untuk berlari.

Baca juga: Panduan Lengkap ke Taman Potret, Area Hijau nan Gratis di Tangerang

Selain itu, pengunjung bisa foto-foto di sejumlah patung, seperti patung perahu, patung penari, patung sosok bersepeda, patung jamur raksasa, dan patung "I LOVE TNG". 

Meski gratis, pengunjung yang membawa kendaraan pribadi harus membayar tarif parkir tergantung jenis kendaraannya. Tarifnya mulai Rp 5.000.

3. Taman Gajah Tunggal

Ilustrasi salah satu spot foto di Taman Gajah Tunggal, Kota Tangerang, Banten.KOMPAS.com/Ni Nyoman Wira Ilustrasi salah satu spot foto di Taman Gajah Tunggal, Kota Tangerang, Banten.

Taman Gajah Tunggal berada di Jalan Perintis Kemerdekaan, Babakan, Kota Tangerang, Banten.

Taman ini bisa dikunjungi secara gratis dan dilengkapi berbagai fasilitas, antara lain kursi taman, toilet, mushala, dan area kuliner.

Pengunjung anak-anak bisa memanfaatkan area bermain di taman ini, sedangkan pengunjung yang ingin berolahraga bisa menggunakan jogging track dengan panorama Sungai Cisadane.

Baca juga: Wisata Tanjung Lesung Banten, Bisa Diving hingga Jadi Warga Mongolia

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman Berikutnya
Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com