Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Wisata Pantai di Banten yang Cocok buat Liburan Sekolah

Kompas.com - 19/06/2023, 13:56 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menjelang liburan sekolah, warga Jabodetabek dan sekitarnya yang mencari wisata pantai yang indah dan mudah dijangkau bisa coba mengunjungi Banten. 

Provinsi ini memiliki deretan kota dan kabupaten yang menawarkan keindahan alam luar biasa, salah satunya adalah pantai. 

Baca juga:

Bersantai di pinggir pantai dan melakukan aktivitas seperti berenang atau bermain pasir bisa menjadi pilihan yang tepat untuk libur sekolah. 

Sejumlah pantai di Banten ini juga bisa dicapai dalam waktu beberapa jam menggunakan kendaraan pribadi ataupun transportasi umum. 

Rekomendasi wisata pantai di Banten

Berikut Kompas.com rangkum 10 pantai di Provinsi Banten yang bisa dijadikan alternatif tempat liburan saat menghabiskan waktu libur sekolah, Senin (19/6/2023). 

1. Pantai Tanjung Lesung

Pantai Tanjung Lesung di Banten.Dok. Shutterstock/ Krakato Pantai Tanjung Lesung di Banten.

Pantai Tanjung Lesung berada di Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Banten. Lokasinya berjarak sekitar 4 jam dari Kota Jakarta. 

Di tepi pantai, pengunjung bisa memandangi keindahan Gunung Krakatau. Tak hanya itu, ada hamparan perairan Selat Sunda yang juga memanjakan mata.

Baca juga: Masjid Agung Banten, Ada Menara Unik Mirip Mercusuar

Selain menyaksikan pemandangan alam yang indah, pengunjung juga bisa menjajal berbagai kegiatan yang menarik. Mulai dari bersepeda mengelilingi pantai, bermain voli, berburu foto ciamik, sampai snorkeling.

Ombaknya tidak terlalu besar, sehingga pengunjung bisa bebas bermain air di pantai ini. Pantai Tanjung Lesung juga cocok jadi tempat berburu matahari terbenam atau matahari terbit. 

2. Pantai Anyer

Pantai Anyer menjadi primadona atau favorit masyarakat menghabisi libur Lebaran 2023.KOMPAS.COM/RASYID RIDHO Pantai Anyer menjadi primadona atau favorit masyarakat menghabisi libur Lebaran 2023.

Pantai Anyer adalah salah satu pantai di Banten yang populer dan banyak dikunjungi. Jaraknya dari Jakarta adalah sekitar 2,5 jam menggunakan kendaraan darat. 

Pemandangan di pantai ini bukan sekadar pasir dan air laut. Pengunjung bisa melihat panorama Gunung Rakata yang menjulang di balik laut dan mercusuar peninggalan Belanda.

Baca juga: Sejarah Stasiun Rangkasbitung, Urat Nadi Perekonomian Rakyat Banten

Selain memiliki pemandangan yang indah, Pantai Anyer juga memiliki fasilitas lengkap, seperti peralatan snorkeling, speedboat, jetski, aneka hotel, hingga aneka tempat kuliner laut.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

3. Pantai Carita

Foto udara kawasan Pantai Carita, Banten, Selasa (30/4/2019). Lima bulan setelah peristiwa bencana tsunami melanda kawasan tersebut, warga Carita perlahan mulai bangkit.KOMPAS.com/RODERICK ADRIAN MOZES Foto udara kawasan Pantai Carita, Banten, Selasa (30/4/2019). Lima bulan setelah peristiwa bencana tsunami melanda kawasan tersebut, warga Carita perlahan mulai bangkit.

Pantai Carita yang berada di Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, juga merupakan salah satu pantai yang populer.

Pantai Carita memiliki pasir putih kecokelatan yang lembut dan hamparan laut yang memesona. Pengunjung bisa menginap dan bersantai di pinggiran pantai.

Baca juga: Sejarah Stasiun Rangkasbitung, Urat Nadi Perekonomian Rakyat Banten

Selain itu, bisa juga melakukan berbagai aktivitas olahraga air, di antaranya snorkeling, banana boat, surfing, dan jet ski.

Jika tidak ingin melakukan aktivitas olahraga air, pengunujung juga bisa berenang di tepi laut menggunakan ban yang disewakan oleh para pedagang setempat. 

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com