Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Wisata Banten untuk Libur Sekolah, Cocok buat Anak dan Keluarga

Kompas.com - 16/06/2023, 21:01 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Libur sekolah sebentar lagi akan tiba. Jika tidak ingin wisata terlalu jauh tapi tetap bepergian, Banten bisa menjadi pilihan yang tepat bagi warga Jabodetabek dan sekitarnya.

Banten adalah provinsi baru yang terbentuk dari pemekaran Jawa Barat tahun 2000. Ibu kota dan pusat pemerintahannya ada di Kota Serang.

Baca juga: Sejarah Stasiun Rangkasbitung, Urat Nadi Perekonomian Rakyat Banten

Provinsi ini terdiri dari sejumlah kota dan kabupaten dengan kekayaan wisata yang beragam untuk dikunjungi saat liburan.

Tempat wisata mulai dari alam, budaya, kuliner, hingga belanja tersebar di delapan kota dan kabupaten, termasuk Kota Tangerang, Kota Serang, dan Kota Tangerang Selatan.

Rekomendasi wisata Banten untuk libur sekolah

Jika ingin berwisata di Banten yang tidak terlalu jauh dan masih mudah dijangkau, sehingga bisa dikunjungi dalam satu hari, berikut beberapa pilihannya yang dirangkum dari Kompas.com, Jumat (16/6/2023). 

1. Situ Cipondoh

Situ Cipondoh adalah salah satu wisata baru di Kota Tangerang, Banten. Ada banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan di sini, seperti melihat pemandangan danau, memancing, joging, naik sepeda, dan berjalan santai menikmati suasana sore.

Pemandangan menjelang sunset atau matahari terbenam di Situ Cipondoh, Kota Tangerang.KOMPAS.com/Ni Nyoman Wira Pemandangan menjelang sunset atau matahari terbenam di Situ Cipondoh, Kota Tangerang.

Pengunjung juga bisa berfoto dengan latar belakang danau atau bangunan beratap putih yang kerap dijuluki Sydney Opera House.

Baca juga: 5 Tempat Wisata Dekat Situ Cipondoh, Ada Taman Gratis dan Museum

Selain itu, ada wahana perahu bebek seharga mulai Rp 25.000 per dua orang, serta kapal mesin untuk berlayar di danau dengan tarif mulai Rp 35.000 per orang.

Saat ini belum ada biaya tiket untuk masuk ke Situ Cipondoh. Namun, pengunjung yang membawa kendaraan pribadi akan dikenakan biaya parkir mulai Rp 5.000 untuk roda empat dan mulai Rp 3.000 untuk roda dua.

2. Alun-alun Kota Tangerang

Wisatawan yang ingin berolahraga sambil rekreasi murah meriah bisa datang ke Alun-alun Kota Tangerang atau dikenal juga sebagai Lapangan Ahmad Yani.

Warga berolahraga di Alun-Alun Kota Tangerang, Jumat (12/11/2021) yang sedang diuji coba.WARTA KOTA/ M Nur Ichsan Arief Warga berolahraga di Alun-Alun Kota Tangerang, Jumat (12/11/2021) yang sedang diuji coba.

Di tempat ini, ada banyak fasilitas olahraga yang bisa digunakan secara gratis. Beberapa di antaranya seperti jogging track atau lintasan lari, taman, dan fasilitas panjat tebing (wall climbing). 

Pada sore atau pagi hari, biasanya banyak warga yang melakukan aktivitas olahraga seperti berlari, bermain sepak bola, atau bulutangkis. Selain itu, orangtua juga mendampingi anak-anaknya bermain.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com