Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Observatorium Bosscha Buka Lagi, Ketahui Syarat Berkunjungnya

Kompas.com - 16/06/2023, 12:15 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Observatorium Bosscha sudah kembali membuka kunjungan untuk umum mulai Juni 2023 setelah sempat ditutup sementara akibat pandemi. 

Melalui wisata edukasi ini, pengunjung bisa mengetahui soal sejarah observatorium dan melihat astronom mengamati obyek langit menggunakan teleskop Zeiss. 

Baca juga: 

Selanjutnya mereka juga bisa melihat matahari menggunakan teleskop, serta berdiskusi tentang matahari sebagai bintang terbesar di tata surya

Untuk diketahui, Observatorium Bosscha beralamat di Jalan Peneropongan Bintang, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. 

Setiap hari kunjungan, terdapat dua sesi dengan kuota pengunjung masing-masing sesi sebanyak 50 orang. Sesi 1 pukul 08.30 WIB-10.00 WIB, sedangkan Sesi 2 pukul 10.30 WIB-12.00 WIB. 

Gedung Observatorium Bosscha tepat berusia 100 tahun pada Januari 2023.KOMPAS.COM/Bagus Puji Panuntun Gedung Observatorium Bosscha tepat berusia 100 tahun pada Januari 2023.

Informasi keterisian kuota akan terus diperbarui di situs web bosscha.itb.ac.id, dan pengunjung hanya dapat mendaftar pada jadwal dengan kuota yang masih tersedia.

Baca juga:

Syarat dan ketentuan berkunjung ke Observatorium Bosscha

Sebelum hari H kunjungan, simak beberapa syarat dan ketentuan berikut ini:

1. Tur akan dimulai tepat waktu, pastikan tiba minimal 30 menit sebelum sesi dimulai. Keterlambatan berkonsekuensi pengunjung hanya dapat mengikuti sebagian isi tur atau pembatalan oleh pihak observatorium.

2. Perhatikan waktu perjalanan yang dibutuhkan untuk menuju observatorium. Pada hari kerja, perjalanan dari pusat kota Bandung dapat ditempuh sekitar 45-60 menit. Dalam kondisi akhir pekan atau masa libur besar (libur Idul Fitri, libur Natal dan Tahun Baru), perjalanan dapat ditempuh hingga tiga jam.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com