Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bernostalgia dengan Perjalanan 10 Tahun Karier BTS di Jakarta

Kompas.com - 27/11/2023, 11:40 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Para penggemar boygroup asal Korea Selatan BTS, bisa bernostalgia sambil melepas rindu pada sang idola dengan mengunjungi pameran BTS Exhibition: Proof in Jakarta di lantai 5 Mall Pondok Indah 3, hingga Minggu (10/12/2023).

Pameran ini merupakan perayaan ulang tahun ke-10 BTS, sekaligus hasil kerja sama antara agensi HYBE dan Big Hit Music dengan promotr iMe Indonesia.

Baca juga: Ada Pameran BTS di Jakarta, Pajang Barang Asli Penuh Memori

Di pameran ini, ARMY (sebutan untuk penggemar BTS) bisa melihat aneka gambar, video, dan instalasi selama satu dekade perjalanan grup populer tersebut. 

Harga tiket pameran mulai Rp 450.000 per orang saat hari kerja (Senin-Kamis) dan mulai Rp 550.000 per orang saat akhir pekan (Jumat-Minggu, dan hari libur nasional).

Kompas.com berkesempatan mengunjungi BTS Exhibition: Proof in Jakarta pada Jumat (24/11/2023) lalu. Simak keseruannya. 

Gate depan BTS Exhibition: Proof ini Jakarta, yang digelar di lantai 5 Mal Pondok Indah 3, Jakarta Selatan, pada Jumat (24/11/2023). Pameran ini berlangsung sejak 17 November hingga 10 Desember 2023.KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARRORROH ITSNAINI Gate depan BTS Exhibition: Proof ini Jakarta, yang digelar di lantai 5 Mal Pondok Indah 3, Jakarta Selatan, pada Jumat (24/11/2023). Pameran ini berlangsung sejak 17 November hingga 10 Desember 2023.

Dilarang berfoto dan merekam video

Sebelum masuk, barang di dalam tas pengunjung akan diperiksa oleh staf. Pengunjung juga akan mendapat sejumlah arahan soal peraturan yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama di dalam ruang pameran. 

Selama di dalam pameran, pengunjung hanya boleh berfoto di lima spot yang telah ditentukan yakni kumpulan judul album-album BTS, replika latar syuting video klip Boy With Luv, patung bersayap dari video klip Blood Sweet and Tears, kostum tujuh member BTS untuk video klip Yet To Come, dan logo BTS.

Di bagian lainnya, pengunjung dilarang berfoto maupun merekam video. Salah satu alasannya adalah karena aturan dari agensi terkait hak cipta.

Selain itu, pengunjung juga dilarang menyetuh properti yang dipajang. Sebagai informasi, barang-barang yang ditampilkan dibawa langsung dari Korea Selatan, melalui proses dan penyusunan yang tentu tidak sebentar. 

Baca juga:

Properti asli BTS yang menarik

Suasana spot untuk berfoto di dalam ruangan BTS Exhibition: Proof in Jakarta, yang digelar di lantai 5 Mal Pondok Indah 3, Jakarta Selatan, pada Jumat (24/11/2023). Pameran ini berlangsung sejak 17 November hingga 10 Desember 2023.KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARRORROH ITSNAINI Suasana spot untuk berfoto di dalam ruangan BTS Exhibition: Proof in Jakarta, yang digelar di lantai 5 Mal Pondok Indah 3, Jakarta Selatan, pada Jumat (24/11/2023). Pameran ini berlangsung sejak 17 November hingga 10 Desember 2023.

Di dalam pameran ini, ARMY akan sangat dimanjakan oleh ratusan gambar berukuran kecil dan raksasa dari tujuh anggota BTS yaitu RM, Jungkook, V, Jimin, SUGA, Jin, dan j-hope.

Bahkan, ada beberapa replika latar visual dari salah satu adegan di video klip lagu BTS.

Menurut staf, sepatu yang digantung di pohon di replika tersebut adalah asli digunakan salah seorang anggota BTS.

Sebagian besar ruang dipenuhi oleh foto-foto member BTS, dari awal karier pada tahun 2013 hingga tahun ini.

ARMY tentunya dapat melihat perbedaan para anggota saat masih sangat muda dengan gaya zaman dulu, hingga mereka menuju dewasa. 

Bahkan, ada beberapa gambar yang sebelumnya belum pernah ditunjukkan kepada publik, jadi bisa terbilang eksklusif.

Baca juga: 4 Tips Berkunjung ke BTS Exhibition: Proof in Jakarta, Datang Lebih Awal

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com