Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Pameran BTS di Jakarta, Pajang Barang Asli Penuh Memori

Kompas.com - 25/11/2023, 06:25 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran berisi perjalanan 10 tahun karir grup vokal pria asal Korea Selatan, BTS, hadir dalam BTS Exhibition: Proof in Jakarta yang digelar di Mal Pondok Indah 3, Jakarta Selatan.

Gelaran yang dibawa oleh iMe Indonesia ini bekerjasama dengan agensi BTS, yaitu HYBE dan Bighit Music. Barang-barang yang dibawa pun langsung didatangkan dari Korea Selatan.

“Barangnya di semua negara yang digelar BTS Exhibition ini sama. Murni diimpor langsung dari Korea, baik foto maupun properti lainnya,” kata Project Executive BTS Exhibition: Proof in Jakarta, Andina Sabri, saat ditemui di lokasi, Jumat (24/11/2023).

Baca juga: Tempat Favorit Idol K-Pop di Pulau Jeju, Pernah Dikunjungi Jimin BTS

Ia menegaskan, dari sekian banyak barang, ada dua properti yang harus dikembalikan ke agensi BTS di Korea Selatan. Keduanya adalah kostum para anggota dari video klip Yet To Come (The Most Beautiful Moment) dan deretan polaroid.

“Sedangkan sisa properti yang di-shipping ke Indonesia seperti patung dan gambar akan dihancurkan setelah pameran selesai,” imbuhnya.

Hal ini terkait dengan aturan hak cipta dan aturan beacukai dari pemerintah. Oleh karena itu, iMe Indonesia sebagai promotor juga memastikan bahwa properti BTS tersebut tidak disalahgunakan dan tetap eksklusif selama pameran berlangsung.

Baca juga: SCBD Park, Tempat Nongkrong Baru Nuansa Korea di Jakarta Selatan

Tak di semua spot boleh foto

Dengan membeli tiket seharga mulai Rp 450.000 (Senin-Kamis) atau Rp 550.000 (Jumat-Minggu), para pengunjung dapat mengelilingi pameran ini selama satu sesi berdurasi 60 menit.

Gate depan BTS Exhibition: Proof ini Jakarta, yang digelar di lantai 5 Mal Pondok Indah 3, Jakarta Selatan, pada Jumat (24/11/2023). Pameran ini berlangsung sejak 17 November hingga 10 Desember 2023.KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARRORROH ITSNAINI Gate depan BTS Exhibition: Proof ini Jakarta, yang digelar di lantai 5 Mal Pondok Indah 3, Jakarta Selatan, pada Jumat (24/11/2023). Pameran ini berlangsung sejak 17 November hingga 10 Desember 2023.

Pameran BTS Exhibition: Proof in Jakarta menampilkan foto-foto BTS termasuk yang unreleased, instalasi, polaroid, kostum, tulisan tangan, properti, hingga video latihan dan backstage konser.

Namun, selama di dalam pameran, pengunjung hanya bisa berfoto di lima titik yang telah ditentukan.

“Hanya lima area yang boleh difoto,” kata Andina.

Baca juga: Apakah Korea Akan Terapkan Bebas Visa untuk Wisatawan Indonesia?

Lima spot tersebut adalah kumpulan judul album-album BTS, replika latar syuting video klip "Boy With Luv", patung bersayap dari video klip "Blood Sweet and Tears", jejeran kostum member BTS untuk video klip "Yet To Come", dan logo BTS.

Selain lima spot yang sudah ditentukan, pengunjung tidak diizinkan berfoto apalagi merekam video. Serta dilarang menyentuh barang-barang di dalam ruang pameran.

Di akhir ruang pameran, para pengunjung juga dapat membeli suvenir resmi yang tersedia dalam 13 pilihan. Di antaranya kaus, tote bag, topi, poster, dan phone strap.

Digelar di berbagai negara

Pameran ini digelar di City Hall Lantai 5 Pondok Indah Mall 3, Jakarta Selatan, selama 17 November hingga 10 Desember 2023.

Adapun BTS Exhibition: Proof mulanya digelar di Seoul pada September hingga November 2022.

“Pameran ini sudah diadakan di beberapa negara. Start pada 2022 di Korea Selatan, lalu pindah ke beberapa negara sebelum Indonesia,” kata Andina.

Baca juga: Istana Gyeongbokgung di Korea Buka Tur Malam Hari, Tiketnya Terbatas

Sebelumnya, BTS Exhibition: Proof sempat mampir di Tokyo, Busan, Los Angeles, Hong Kong, dan Bangkok. Lalu usai di Jakarta, pameran akan berlanjut ke Taiwan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com