Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata Diving Sumbang PAD Terbesar ke Manggarai Barat di NTT

Kompas.com - 27/11/2023, 15:56 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS.com - Jumlah pendapatan asli daerah (PAD) sektor pariwisata Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), saat ini mencapai Rp 5,7 miliar, dari target Rp 10 miliar. Aktivitas menyelam (diving) disebut sebagai penyumbang PAD terbesar.

"Dari data per 21 November, aktivitas diving yang menyumbang PAD terbesar," kata Kepala Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif, dan Kebudayaan Manggarai Barat, Pius Baut, dikutip dari Antara, Senin (27/11/2023).

Baca juga: Banyak Turis Jerman ke Labuan Bajo, tetapi Pemandu Wisata Masih Kurang

Adapun pendapatan dari aktivitas menyelam mencapai Rp 1,5 miliar. Pius menyampaikan, sumbangan PAD terkait aktivitas menyelam berasal dari kunjungan wisatawan mancanegara yang mencapai Rp 1,47 miliar.

Sementara itu, sumbangan PAD dari kunjungan wisatawan nusantara mencapai Rp 41,3 juta.

"Jadi memang wisatawan mancanegara itu yang banyak melakukan aktivitas diving, ada 14.734 orang dari catatan bulan Januari hingga 21 November," tutur Pius.

Baca juga:

Optimistis target PAD Rp 10 miliar tercapai

Ilustrasi Pink Beach di Nusa Tenggara Timur (NTT).Dok. Unsplash/Aruka Death Ilustrasi Pink Beach di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pius optimistis bahwa kunjungan wisatawan pada akhir tahun 2023 akan turut memengaruhi PAD sektor pariwisata.

Pihaknya pun terus menyebarkanluaskan kampanye "Ayo Berwisata ke Labuan Bajo" guna menggaet wisatawan ke wilayah tersebut.

Ia juga meyakini target PAD sebesar Rp 10 miliar dari sektor pariwisata bisa tercapai.

Baca juga: Labuan Bajo Dinilai Belum Dikenal Turis China, Perlu Promosi Intensif

"Kita terus bekerja keras mempromosikan pariwisata Labuan Bajo sekaligus memperbaiki tata kelola agar terciptanya kenyamanan dalam berwisata," tuturnya.

Sebagai informasi, terdapat 50 titik menyelam di Labuan Bajo yang bisa dinikmati. Beberapa di antaranya masuk kawasan Taman Nasional Komodo, misalnya Pulau Sabolo dan Manta Point.

Baca juga:

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com