Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER TRAVEL] Konser Coldplay Dorong Okupansi Hotel | Lokasi Syuting Gadis Kretek

Kompas.com - 29/11/2023, 11:44 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Terdapat sejumlah artikel pada kanal Travel Kompas.com yang menarik perhatian pembaca selama dua pekan terakhir, terhitung sejak Rabu  (15/11/2023) hingga Rabu (29/11/2023). 

Artikel tersebut cukup beragam seperti euforia konser Coldplay yang turut membawa berkah bagi sektor pariwisata, sejumlah pameran digelar di Jakarta, dan serial Gadis Kretek yang fenomenal dengan latar belakang sejumlah destinasi wisata populer di Jawa Tengah.

Baca juga:

Bagi pembaca yang melewatkan isu populer tersebut, dapat menyimak rangkumannya berikut ini.

1. Konser Coldplay dorong okupansi hotel 

Ilustrasi penipuan tiket konser Coldplay.KOMPAS.com/RODERICK ADRIAN Ilustrasi penipuan tiket konser Coldplay.

Grup band asal Inggris, Coldplay menggelar konser di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat, pada Rabu (15/11/2023). Konser Coldplay membawa berkah bagi sektor pariwisata, karena membuat okupansi hotel di sekitar GBK mencapai 100 persen.

Selain itu, ada beberapa hal unik yang mewarnai kedatangan Coldplay di ibu kota. Salah satunya adalah momen ketika sang vokalis, Chris Martin berjalan tanpa alas kaki alias nyeker di ibu kota sebelum konser, tepatnya pada Selasa (14/11/2023).

Berkat kreativitas masyarakat Indonesia, kini lokasi Chris berjalan kaki tersebut bisa dijumpai di Google Maps, dengan titik lokasi bernama “Chris Martin Nyeker Disini”.

Namun demikian, banyak catatan merah dari sisi penyelenggaraan konser. Mulai dari banyak calo tiket, penonton resmi tertahan di luar venue, dan warga yang memaksa menerobos pagar GBK.

Baca juga:

2. Harga tiket kereta Whoosh Rp 200.000 

Ilustrasi kereta cepat Whoosh.Dok. PT KCIC Ilustrasi kereta cepat Whoosh.

Setelah resmi beroperasi pada Senin (2/10/2023) lalu, Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) alias Whoosh masih menyita perhatian masyarakat.

Jumlah penumpang kereta Whoosh mencapai 21.312 orang hingga 12 November 2023. Sementara, rata-rata okupansi perjalanan kereta Whoosh 98,5 persen, bahkan mencapai 100 persen pada jadwal tertentu.

Selanjutnya, harga tiket kereta Whoosh akan dibanderol Rp 200.000 mulai Desember 2023, dari semula berlaku tarif promo Rp 150.000 untuk satu kali jalan.

Baca juga:

3. Lokasi syuting Gadis Kretek 

Aktris Dian Sastrowardoyo sebagai Dasiyah di serial Gadis Kretek yang tayang di Netflix.Dok. Netflix Aktris Dian Sastrowardoyo sebagai Dasiyah di serial Gadis Kretek yang tayang di Netflix.

Serial Gadis Kretek menyedot perhatian masyarakat. Selain kisah yang menarik serta akting memukau para pemain, serial Gadis Kretek menawarkan setting film yang berhasil menghadirkan nuansa era 1960-an.

Lokasi syuting serial yang diadaptasi dari novel karya Ratih Kumala itu, mengambil sejumlah destinasi wisata dan cagar budaya.

Sebut saja, Museum Kretek di Kudus, Eks Rumah Dinas Residen Kedu di Magelang, Pabrik Gula Tasikmadu di Karanganyar, Stasiun Tuntang di Semarang, Candi Abang di Sleman, dan sebagainya.

Baca juga:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com