Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER TRAVEL] Jembatan Kaca di Banyumas Telan Korban Jiwa | Bandara Kertajati Beroperasi Penuh

Kompas.com - 31/10/2023, 11:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Terdapat sejumlah artikel pada kanal Travel Kompas.com yang menarik perhatian pembaca selama sepekan, terhitung sejak Selasa (24/10/2023) hingga Selasa (31/10/2023). 

Artikel tersebut cukup beragam, seperti insiden jembatan kaca The Geong di Kabupaten Banyumas pecah hingga menewaskan satu orang pengunjung maupun beragam travel fair menyambut liburan akhir tahun.

Baca juga:

Bagi pembaca yang melewatkan berita populer tersebut, dapat menyimak rangkumannya berikut ini.

1. Jembatan kaca The Geong Banyumas pecah, satu orang meninggal 

Jembatan kaca The Geong di kompleks Hutan Pinus Limpakuwus, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Kamis (26/10/2023).KOMPAS.COM/FADLAN MUKHTAR ZAIN Jembatan kaca The Geong di kompleks Hutan Pinus Limpakuwus, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Kamis (26/10/2023).

Jembatan kaca The Geong di kawasan wisata Hutan Pinus Limpakuwus, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, pecah pada Rabu (25/10/2023). Insiden ini mengakibatkan seorang wisatawan tewas.

Berdasarkan informasi dari Kompas.com, empat orang wisatawan asal Cilacap tengah swafoto di atas jembatan kaca sekitar pukul 10.00 WIB. Namun, sebagian jembatan kaca tepat di titik wisatawan tersebut berdiri, tiba-tiba pecah.

Akibat peristiwa nahas itu, dua wisatawan terjatuh, sementara dua lainnya sempat berpegangan dengan rangka jembatan. Satu dari dua wisatawan yang terjatuh tersebut, dinyatakan meninggal dunia.

Dalam proses penyidikan diketahui bahwa infrastruktur jembatan kaca tidak memenuhi standar keamanan, dimana ketebalan kaca cukup tipis hanya 1,2 sentimeter, menggunakan kaca bekas, dan tidak pernah menjalani uji kelayakan.

Imbas insiden tersebut, Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya, dan Pariwisata (Kadisporabudpar) Kabupaten Banyumas memutuskan untuk menutup sementara obyek wisata jembatan kaca lainnya di Banyumas. Penutupan bertujuan untuk mengevaluasi kelayakan dan standar keamanan obyek seluruh obyek wisata tersebut.

Baca juga:

2. Bandara Kertajati beroperasi penuh 

Bandara Kertajati di Jawa Barat.DOK KEMENTERIAN PERHUBUNGAN Bandara Kertajati di Jawa Barat.

Pada Minggu (29/10/2023), Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati atau Bandara Kertajati di Majalengka, resmi beroperasi penuh.

Dengan demikian, semua rute penerbangan menggunakan pesawat jet dari Bandara Husein Sastranegara, Bandung berpindah ke Bandara Kertajati per Minggu (29/10/2023), seperti dikutip dari Kompas.com (12/10/2023). Baik penerbangan dalam maupun luar negeri.

Sementara, Bandara Husein Sastranegara hanya akan melayani penerbangan berjadwal dalam negeri dengan pesawat jenis propeller atau baling-baling untuk rute dalam Pulau Jawa.

Operasional Bandara Kertajati tersebut diharapkan mampu mendorong pariwisata di Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Berbagai upaya pun dilakukan, termasuk menyediakan Pusat Informasi Turis di Bandara Kertajati maupun transportasi dari bandara ke kawasan wisata di sekitarnya.

Baca juga:

3. Kereta cepat Whoosh tambah perjalanan, gratis tiket wisata 

Ilustrasi kereta cepat Whoosh. Dok. PT KCIC Ilustrasi kereta cepat Whoosh.

Setelah resmi beroperasi pada Senin (2/10/2023) lalu, Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) alias Whoosh terus menambah jumlah perjalanan. Dari sebelumnya sebanyak 14 perjalanan per hari pada Oktober 2023, akan bertambah menjadi 28 perjalanan per hari pada November 2023 mendatang.

Secara otomatis, jumlah tempat duduk pun turut bertambah dari 8.414 tempat duduk menjadi 16.828 tempat duduk per hari. Adapun total penumpang kereta cepat Whoosh sampai Jumat (27/10/2023) adalah 87.000 penumpang, dengan tingkat okupansi hingga 90 persen.

Masih ada promo tiket Whoosh menjadi Rp 150.000, dari harga asli Rp 300.000. Promo ini berlaku untuk keberangkatan mulai Rabu (18/10/2023) hingga Kamis (30/11/2023), untuk semua rute.

Selain itu, ada promo gratis tiket masuk ke destinasi wisata di Bandung dengan menggunakan tiket kereta cepat Whoosh. 

Baca juga:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com