Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER TRAVEL] Jembatan Kaca di Banyumas Telan Korban Jiwa | Bandara Kertajati Beroperasi Penuh

KOMPAS.com - Terdapat sejumlah artikel pada kanal Travel Kompas.com yang menarik perhatian pembaca selama sepekan, terhitung sejak Selasa (24/10/2023) hingga Selasa (31/10/2023). 

Artikel tersebut cukup beragam, seperti insiden jembatan kaca The Geong di Kabupaten Banyumas pecah hingga menewaskan satu orang pengunjung maupun beragam travel fair menyambut liburan akhir tahun.

  • [POPULER TRAVEL] Kebun Mangrove Surabaya | Jembatan Item Jatinegara
  • [POPULER TRAVEL] Masa Berlaku Paspor 6 bulan | Big Bad Wolf 2023

Bagi pembaca yang melewatkan berita populer tersebut, dapat menyimak rangkumannya berikut ini.

Jembatan kaca The Geong di kawasan wisata Hutan Pinus Limpakuwus, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, pecah pada Rabu (25/10/2023). Insiden ini mengakibatkan seorang wisatawan tewas.

Berdasarkan informasi dari Kompas.com, empat orang wisatawan asal Cilacap tengah swafoto di atas jembatan kaca sekitar pukul 10.00 WIB. Namun, sebagian jembatan kaca tepat di titik wisatawan tersebut berdiri, tiba-tiba pecah.

Akibat peristiwa nahas itu, dua wisatawan terjatuh, sementara dua lainnya sempat berpegangan dengan rangka jembatan. Satu dari dua wisatawan yang terjatuh tersebut, dinyatakan meninggal dunia.

Dalam proses penyidikan diketahui bahwa infrastruktur jembatan kaca tidak memenuhi standar keamanan, dimana ketebalan kaca cukup tipis hanya 1,2 sentimeter, menggunakan kaca bekas, dan tidak pernah menjalani uji kelayakan.

Imbas insiden tersebut, Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya, dan Pariwisata (Kadisporabudpar) Kabupaten Banyumas memutuskan untuk menutup sementara obyek wisata jembatan kaca lainnya di Banyumas. Penutupan bertujuan untuk mengevaluasi kelayakan dan standar keamanan obyek seluruh obyek wisata tersebut.

Pada Minggu (29/10/2023), Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati atau Bandara Kertajati di Majalengka, resmi beroperasi penuh.

Dengan demikian, semua rute penerbangan menggunakan pesawat jet dari Bandara Husein Sastranegara, Bandung berpindah ke Bandara Kertajati per Minggu (29/10/2023), seperti dikutip dari Kompas.com (12/10/2023). Baik penerbangan dalam maupun luar negeri.

Sementara, Bandara Husein Sastranegara hanya akan melayani penerbangan berjadwal dalam negeri dengan pesawat jenis propeller atau baling-baling untuk rute dalam Pulau Jawa.

Operasional Bandara Kertajati tersebut diharapkan mampu mendorong pariwisata di Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Berbagai upaya pun dilakukan, termasuk menyediakan Pusat Informasi Turis di Bandara Kertajati maupun transportasi dari bandara ke kawasan wisata di sekitarnya.

Setelah resmi beroperasi pada Senin (2/10/2023) lalu, Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) alias Whoosh terus menambah jumlah perjalanan. Dari sebelumnya sebanyak 14 perjalanan per hari pada Oktober 2023, akan bertambah menjadi 28 perjalanan per hari pada November 2023 mendatang.

Secara otomatis, jumlah tempat duduk pun turut bertambah dari 8.414 tempat duduk menjadi 16.828 tempat duduk per hari. Adapun total penumpang kereta cepat Whoosh sampai Jumat (27/10/2023) adalah 87.000 penumpang, dengan tingkat okupansi hingga 90 persen.

Masih ada promo tiket Whoosh menjadi Rp 150.000, dari harga asli Rp 300.000. Promo ini berlaku untuk keberangkatan mulai Rabu (18/10/2023) hingga Kamis (30/11/2023), untuk semua rute.

Selain itu, ada promo gratis tiket masuk ke destinasi wisata di Bandung dengan menggunakan tiket kereta cepat Whoosh. 

Kebakaran melanda Gunung Merbabu, Jawa Tengah sehingga membuat aktivitas pendakian dihentikan sementara. Seluruh jalur pendakian  di Gunung Merbabu ditutup mulai Sabtu (28/10/2023) hingga waktu yang belum ditentukan.

Bagi pendaki yang sudah membayar tiket pendakian, melalui pemesanan (booking) online, maka dapat mengubah jadwal (reschedule) atau meminta pengembalian dana (refund). 

Per Minggu (29/10/2023), total luas wilayah yang terdampak kebakaran mencapai lebih dari 489, 07 hektare. Sayangnya, api terus merambat mencapai ketinggian lebih dari 2.500 mdpl, lantaran kondisi di lapangan cukup kering, disertai dengan angin kencang.

  • Gunung Merbabu Kebakaran, Pendakian Ditutup Sementara
  • Gunung Merbabu Kebakaran, Calon Pendaki Bisa Reschedule Tiket

5. Harga tiket pesawat murah buat akhir tahun 

Menjelang liburan akhir tahun 2023, informasi seputar harga tiket pesawat murah ke berbagai destinasi wisata baik domestik maupun mancanegara makin diminati.

Misalnya, tiket pesawat murah Jakarta-Yogyakarta Desember 2023 dibanderol mulai dari Rp 448.000, berdasarkan penelusuran melalui situs Traveloka. Kemudian, tiket pesawat murah Jakarta-Lombok Desember 2023, dibanderol Rp 1,5 jutaan.

Jika kamu berencana liburan akhir tahun naik pesawat, sebaiknya segera memesan tiket sebelum harga berubah dan kehabisan tempat duduk.

Masih berkaitan dengan liburan, sejumlah travel fair digelar sepekan terakhir yang menyita perhatian pembaca. Banyak masyarakat yang berburu promo tiket pesawat ke berbagai destinasi melalui travel fair tersebut.

Diantaranya adalah Garuda Indonesia Travel Fair (GATF) dan Saudia Travel Fair. 

GATF digelar mulai Jumat (27/10/2023) sampai Minggu (29/10/2023) di Hall 3 dan 3A Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Kabupaten Tangerang, Banten. Pameran perjalanan ini secara serentak juga digelar di tujuh kota besar di Indonesia yaitu Jakarta, Medan, Palembang, Surabaya, Denpasar, Makassar, dan Jayapura.

Pengunjung dapat menemukan diskon tiket pesawat hingga 80 persen untuk penerbangan domestik dan internasional.

Serupa, Saudia Travel Fair juga digelar pada periode yang sama di Atrium Senayan City, Jakarta Selatan. Pengunjung dapat menjumpai berbagai promo paket umrah dan haji, destinasi wisata, perencanaan perjalanan dan liburan keluarga, serta beberapa seminar terkait.

Sebanyak 16 agen perjalanan hadir dalam Saudia Travel Fair 2023, dengan enam di antaranya merupakan agen perjalanan umrah dan haji.

  • GATF Kembali Digelar 28-30 Oktober 2022, Ada Diskon hingga 80 Persen
  • Saudia Travel Fair 27-29 Oktober, Ada Cashback hingga Rp 2 Juta

https://travel.kompas.com/read/2023/10/31/114000527/-populer-travel-jembatan-kaca-di-banyumas-telan-korban-jiwa-bandara-kertajati

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke