Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Itinerary 2 Hari 1 Malam Wisata Sleman buat Liburan Akhir Tahun 

Kompas.com - 30/11/2023, 17:46 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Menghabiskan liburan akhir tahun di Sleman, Yogyakarta bisa menjadi alternatif bagi wisatawan. Ada beragam wisata di Sleman mulai dari wisata alam, wahana bermain, dan glamping.

Jika tertarik liburan akhir tahun di Sleman, berikut rekomendasi itinerary 2 hari 1 malam di Sleman yang bisa menjadi alternatif. Selain berwisata secara mandiri, kamu bisa menggunakan beragam jasa agen perjalanan yang menyediakan paket wisata di Sleman.

Baca juga:

Hari pertama 

1. Mencoba keseruan Lava Tour Merapi 

Ilustrasi Lava Tour Merapi. Simak prakiraan cuaca di Yogyakarta hari ini yang dirilis BMKG.Dok. Wikimedia Commons/Wrsrachma Ilustrasi Lava Tour Merapi. Simak prakiraan cuaca di Yogyakarta hari ini yang dirilis BMKG.

Petualangan hari pertama di Sleman dimulai dengan menjajal wisata ekstrem, Lava Tour Merapi. Atraksi wisata yang satu ini sayang jika dilewatkan saat berkunjung ke Yogyakarta, khususnya Sleman.

Lava Tour Merapi merupakan wisata berkeliling kawasan lereng Gunung Merapi naik mobil jeep. Kegiatan wisata ini sangat cocok untuk wisatawan yang menyukai tantangan yang menguji adrenalin. Sebab, selama naik mobil jeep wisatawan akan diajak melalui medan yang ekstrem.

Selain itu, wisatawan akan diajak ke sejumlah tempat wisata untuk mengenang peristiwa erupsi Gunung Merapi pada 2010 lalu. Misalnya, Museum Sisa Hartaku, Bunker Kaliadem, Batu Alien, Petilasan Mbah Marijan, dan Kali Kuning.

Tarif Lava Tour Merapi berbeda-beda bergantung dari paket yang dipilih, namun kisaran tarifnya antara Rp 400.000-an hingga Rp 500.000-an.

2. Mencicipi sate 

Setelah berkeliling lereng Gunung Merapi, saatnya mengisi perut yang keroncongan. Wisatawan bisa mencicipi kelezatan Sate Donal yang berlokasi di Jalan Astorenggo, Kaliurang Barat, Nomor 08 Kaliurang, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman.

Warung makan ini cukup populer di kalangan wisatawan. Selain satu, wisatawan bisa menemukan menu lainnya seperti tongseng, nasi goreng, hingga mi rebus.

Harganya pun cukup terjangkau mulai dari Rp 20.000 per porsi. Warung makan Sate Donal buka dari pukul 10.00 WIB hingga 22.00 WIB.

3. Glamping di Melcosh Glam Camp

Jika kamu ingin menikmati malam hari di kawasan Kaliurang, Sleman maka bisa menjajaln glamping di Melcosh Glam Camp. Berada di kawasan kaki Gunung Merapi, Melcosh Glam Camp menawarkan udara segar serta panorama pegunungan yang indah.

Fasilitasnya cukup lengkap seperti kasur, selimut, api unggun, barbekyu, wifi, TV, kamar mandi, dan lainnya. Glamping ini berada satu lokasi dengan Melcosh Coffee Roastery and Eatery. Tepatnya di Jalan Kaliurang Km. 23 Hargobinangun, Pakem, Sleman.

Jika datang bersama dengan keluarga, tersedia paket glamping keluarga mulai dari Rp 400.000 hingga Rp 1,37 juta. Ciri khas glamping ini adalah bangunan tenda yang bergaya bohemian. 

Baca juga:

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com