Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banggai dan Potensinya sebagai Destinasi Wisata Olahraga

Kompas.com - 04/12/2023, 07:12 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno menilai Kabupaten Banggai di Sulawesi Tengah memiliki potensi wisata olahraga yang masih dapat dioptimalkan demi meningkatkan kunjungan wisatawan.

Di sela olahraga pagi sejauh 8 kilometer menyusuri tepi Pantai Kilo 5 menuju Air Terjun Piala, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu mengaku melalui medan yang cukup menantang. 

Baca juga: 6 Fakta Kereta Api Pertama di Sulawesi, Lewati 16 Tempat Wisata

Termasuk melalui kelok menuju air terjun dengan elevasi cukup tinggi, yakni sekitar 300 meter.

Hal itulah yang membuatnya meyakini wisata olahraga dapat dikembangkan di daerah tersebit.

"Banyak destinasi (di Banggai) yang dapat dimaksimalkan untuk sport tourism,” ujar Sandiaga di sela olahraga pagi dan eksplorasi destinasi di Banggai, Minggu (3/12/2023), seperti dikutip Kompas.com dari keterangan tertulis.

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno saat olahraga pagi bersama komunitas pelari Banggai sekaligus mengeksplorasi sejumlah destinasi di Banggai, Sulawesi Tengah, Minggu (3/12/2023).DOK KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno saat olahraga pagi bersama komunitas pelari Banggai sekaligus mengeksplorasi sejumlah destinasi di Banggai, Sulawesi Tengah, Minggu (3/12/2023).

Apalagi, lanjut Sandiaga, titik akhir perjalanannya ada di Air Terjun Piala yang menyuguhkan panorama nan memanjakan mata.

Air terjun tersebut juga berada di wilayah yang sudah ditetapkan sebagai salah satu dari 4.753 desa dalam Jaringan Desa Wisata (Jadesta).

"Kami akan tingkatkan promosinya dan mudah-mudahan menembus 75 besar sehingga akan kami promosikan ke seluruh dunia dengan salah satu daya tariknya adalah pariwisata berbasis olahraga," ucapnya.

Baca juga: Sulawesi Selatan Targetkan Kunjungan Wisata Akhir Tahun Naik 15 Persen

Potensi wisata di Banggai

Banggai menyimpan daya tarik wisata alam yang begitu beragam. 

Dikutip dari Antara, sebanyak 107.225 wisatawan Nusantara tercatat mengunjungi kabupaten ini pada 2022.

Salah satu wisata alam di Banggai seperti Danau Paisu Pok yang memiliki air sebening kaca. Destinasi ini kerap digunakan wisatawan untuk snorkeling, menyelam, naik perahu, dan duduk di bebatuan di tepi danau sembari menikmati suasana.

Danau Paisu Pok di Kabupaten Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah.Dok. Shutterstock/Iwan_Rusly Danau Paisu Pok di Kabupaten Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah.

Ada pula Danau Alani dan Danau Lemelu yang terletak di Kecamatan Bulagi Selatan.

Baca juga: 5 Wisata di Banggai Kepulauan yang Populer, Ada Danau Sebening Kaca

 

Salah satu aktivitas utama di destinasi yang berada di pegunungan ini adalah melihat ritme kehidupan masyarakat suku seasea. Selain itu, di Danau Alani, wisatawan bisa berenang dan memancing, sedangkan di Danau Lemelu wisatawan bisa menikmati pemandangan dari ketinggian dan mengunjungi air terjun mini.

@kompastravel Mau cari tempat escape yang jauh dari Ibu Kota tapi cuman punya waktu satu hari? Coba deh ke Pulau Merak Kecil… Pulaunya tidak terlalu besar dan punya view yang bagus! Pulaunya bisa diexplore dalam waktu singkat.. Cuman butuh Rp. 50.000-an aja loh.. Ini nih rinciannya: Stasiun Tanah Abang- Stasiun Rangkabitung: Rp. 8.000 Stasiun Rangkasbitung-Stasiun Merak: Rp. 3.000 Stasiun Merak-Penyeberangan: Rp. 5.000 (naik angkutan kota) Penyebrangan ke Pulau Merak Kecil: Rp 7.500 Tunggu full review-nya yaa guys! #pulaumerak #shortescape #explorebanten #bantenhits #wisatabanten ? Aduh - MALIQ & D'Essentials
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com