Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Main ke Rumah Hantu Solo, Bisa Mampir ke 7 Wisata Ini 

Kompas.com - 07/12/2023, 14:30 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Ada wisata uji nyali baru di Solo, yakni rumah hantu Lawang Sukmo dan Zombieverse. Menariknya, rumah hantu tersebut menempati bekas Hotel Cakra yang sudah terbengkalai lebih dari 25 tahun. 

Wisata uji nyali yang diselenggarakan oleh Paranormal Phenomenon Indonesia (PPI) itu, dijadwalkan mulai dari 1 Desember 2023 hingga 29 Januari 2024.

Jika ingin uji nyali di rumah hantu tersebut, kamu bisa mampir di Jalan Slamet Riyadi Nomor 197, Kelurahan Kemlayan, Kecamatan Serengan, Kota Solo.

Baca juga:

Madhiro Eiji, Consultant Event PPI mengungkapkan, bekas Hotel Cakra tersebut dikenal angker oleh masyarakat sekitar, sehingga menambah aura seram di wahana rumah hantu tersebut. 

“Kalau dari cerita warga sekitar, Hotel Cakra sudah tutup selama 25 tahun lebih. Nah, mulai saat itu sampai hari ini, Hotel Cakra tidak operasional sama sekali, jadi boleh disebut menjadi sarang makhluk astral,” ujar Eiji yang juga merupakan artis Indigo, saat dihubungi Kompas.com, Selasa (5/11/2023). 

Wisata uji nyali rumah hantu Solo, Lawang Sukmo dan Zombieverse yang menempati hotel angker di Solo. Dok. Paranormal Phenomenon Indonesia (PPI). Wisata uji nyali rumah hantu Solo, Lawang Sukmo dan Zombieverse yang menempati hotel angker di Solo.

Tak hanya terbengkalai, Hotel Cakra juga menyimpan kisah yang suram. Eiji menuturkan, di belakang hotel tersebut terdapat bunker peninggalan tentara Jepang. 

Konon, bunker tersebut digunakan untuk menyiksa warga Indonesia pada masa penjajahan Jepang. Setelah kemerdekaan RI, bunker yang menyimpan kisah kelam itu akhirnya ditimbun dan menjadi bagian dari Hotel Cakra.

Jam buka Lawang Sukmo dan Zombieverse yakni mulai pukul 13.00 WIB-22.00 WIB pada weekday. Sedangkan pada weekend, wahana ini buka dari pukul 11.00 WIB- 23.00 WIB. 

Harga tiket rumah hantu Lawang Sukmo dibanderol Rp 40.000 per orang. Sedangkan, Zombieverse dibanderol harga Rp 55.000 per orang. 

Ada pula tiket terusan Lawang Sukmo dan Zombieverse, yakni Rp 80.000 untuk dua wahana uji nyali. 

Setelah seru-seruan di  Lawang Sukmo dan Zombieverse, kamu bisa mampir ke sejumla tempat wisata di Solo berikut ini. Lokasinya cukup dekat, tidak lebih dari lima kilometer (km). 

1. Tumurun Museum 

Tumurun Private Museum SoloShutterstock/Nissa Haidar Tumurun Private Museum Solo

Tumurun Museum berlokasi 1,2 km dari rumah hantu Solo, atau sekitar lima menit berkendara. Tepatnya di Jalan Kebangkitan Nasional 2-4, Sriwedari, Kecamatan Laweyan, Kota Solo. 

Nama Tumurun, berasal dari kalimat turun temurun, yang berarti mewariskan sesuatu dari satu generasi ke generasi berikutnya, berdasarkan informasi dari situs resminya. 

Melansir dari buku panduan Journey to Wander dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), museum ini merupakan milik keluarga Lukminto, pendiri PT Sri Rejeki Isman atau Sritex, yang merupakan perusahaan tekstil terkemuka. 

Sang anak mendirikan Tumurun Museum untuk memajang koleksi karya seni milik ayahnya, HM. Lukminto. Daya tarik Tumurun Private Museum adalah beragam koleksi karya seni modern kontemporer, baik dari maestro berpengalaman hingga seniman muda. 

2. Taman Sriwedari

Gerbang pintu masuk Taman Sriwedari SurakartaReca Ence/Shutterstock.com Gerbang pintu masuk Taman Sriwedari Surakarta

Taman Sriwedari merupakan kawasan rekreasi yang sarat sejarah di pusat Kota Solo. Jaraknya cukup dekat dari rumah hantu Solo, sekitar 1,2 km. 

Dikutip dari Kompas.com, Minggu (16/1/2022), pembangunan Taman Sriwedari dimulai pada 1899, sehingga usianya sekarang 124 tahun. Awalnya, Taman Sriwedari merupakan taman kota, kemudian menjadi kawasan rekreasi pada 1901. 

Taman Sriwedari dibangun di atas lahan yang dibeli Pakubuwono IX dan diberikan kepada putra mahkotanya yaitu Pakubuwono X.

Terdapat sejumlah bangunan wisata di Taman Sriwedari, antara lain Museum Radya Pustaka, gedung wayang orang, kebun binatang mini, dan gedung pagelaran wayang kulit.

Baca juga:

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com