Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Rumah Hantu di Kota Tua Jakarta, Cuma Sampai 7 Januari 2024

Kompas.com - 24/11/2023, 18:38 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah Hantu Kota Tua adalah wahana horor baru yang ada pertama kali di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat.

Digelar oleh Rumah Hantu Indonesia bekerjasama dengan media JKTGO, Rumah Hantu Kota Tua mengambil tempat di salah satu gedung ikonis di daerah tersebut.

“Kotu Tua identik dengan sejarah di Jakarta. Gedung ini termasuk ikon di Kota Tua, gedung Dharma Niaga,” kata Event Content Creative Rumah Hantu Kota Tua, Kevin, saat ditemui di lokasi, Jumat (24/11/2023).

Baca juga: 8 Wisata Kota Tua di Indonesia, Tak Cuma di Jakarta 

Salah satu gedung tertua di Jakarta ini, kata dia, merupakan peninggalan era penjajahan Belanda. Sehingga, nilai dan nuansanya pun sangat asli layaknya zaman dahulu.

“Katanya ini peninggalan Belanda, di dalam pun masih ada peninggalan saat masa kelam atau zaman dahulu, kami enggak ubah,” imbuhnya.

Gedung yang ikonik sejak puluhan hingga ratusan tahun ini, memang bernuansa jadul.

Misalnya, dengan masih digunakannya pintu dan jendela besar bergaya kolonial, serta bangunan khas putih menjadi menarik sebagai tempat berhantu.

Adapun Gedung Dharma Niaga berada di seberang Café Batavia, masih satu area dengan Museum Fatahillah atau Museum Sejarah Jakarta.

Baca juga: 9 Wisata Kota Tua Jakarta Malam Hari, Bisa Kulineran

Sebagai informasi, Rumah Hantu Indonesia juga sudah membuat berbagai acara serupa seperti ‘Rumah Hantu Bali “Penampakan Memedi”, ‘Gedung Angker 51’, ‘Rumah Hantu Malioboro’, hingga ‘Rumah Hantu Jalan Kaki “Kuntilanak Merah”.

Jam buka dan harga tiket

Wahana Rumah Hantu Kota Tua akan digelar selama sekitar dua bulan, 23 November 2023 sampai dengan 7 Januari 2024.

Noni Belanda di Rumah Hantu Kota Tua di gedung Dharma Niaga, Kota Tua, Jakarta Barat, Kamis (23/11/2023).KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Noni Belanda di Rumah Hantu Kota Tua di gedung Dharma Niaga, Kota Tua, Jakarta Barat, Kamis (23/11/2023).

Kevin mengatakan, meski sudah lewat dari momen Halloween pada 31 Oktober, wahana horor ini diharapkan bisa mengisi momen natal dan akhir tahun.

“Semoga akhir tahun ini jadi Rumah Hantu Kota Tua jadi wahana keluarga atau teman-teman untuk merayakan pergantian tahun,” kata dia.

Baca juga: 13 Tempat Wisata Kota Tua Jakarta yang Sarat Sejarah   

Pengunjung bisa menguji nyali di rumah hantu di gedung lama peninggalan Belanda, selama sekitar 10-15 menit. Bertemu dengan beberapa hantu, salah satunya Noni Belanda, yang menjadi ikon di Kota Tua.

Wahana Rumah Hantu Kota Tua dibuka setiap hari Senin-Minggu. Hari Senin-Jumat pukul 14.00-21.00 WIB, sedangkan Sabtu-Minggu dan hari libur buka pukul 13.00-21.00 WIB.

"Ada istirahat pukul 17.30-18.30 ya,” ujar Kevin.

Harga tiketnya Senin-Jumat Rp 25.000 per orang, sedangkan Sabtu-Minggu dan hari libur Rp 30.000 per orang. Tiket dapat dibeli langsung di tempat.

@kompastravel Yang ngakunya pemberani… Cobain deh masuk ke Halloween Festival 2023 ???? Ini ada di Twin Plaza Hotel, Slipi, Jakarta Barat. Hanya ada dari 6 Oktober-19 November 2023.. Tunggu cerita full experience mimin di sini ya! #halloweenfest #halloweenevent #jakartahits #wisatajakarta #jakartainfo ? original sound - Travel Kompascom
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com