Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PHRI Malang Kejar 90 Persen Okupansi Hotel Selama Libur Akhir Tahun

Kompas.com - 17/12/2023, 16:28 WIB
Nugraha Perdana,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Malang menargetkan tingkat okupansi atau keterisian kamar saat momen libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024 bisa mencapai angka 90 persen.

Biasanya, angka okupansi mulai meningkat jelang akhir bulan Desember.

"Reservasi biasanya itu untuk hotel-hotel, momen Nataru, mulai terjadi pertengahan Desember 2023. Tamu booking untuk akhir bulan dan tahun baru. Mudah-mudahan okupansi bisa sampai 90 persen," kata Ketua PHRI Kota Malang, Agoes Basoeki, Minggu (17/12/2023).

Baca juga: 10 Tempat Wisata Malang Murah, Cocok buat Liburan Akhir Tahun

Pada awal Desember ini, pemesanan hotel di Kota Malang menurutnya masih normal atau seperti hari biasa. Angka rata-ratanya berada di kisaran 50 hingga 60 persen. 

Saat ini, hotel-hotel masih dipenuhi kegiatan Meeting, Incentive, Conference, and Exhibition (MICE) pemerintah, belum untuk kegiatan wisata.

Agoes mencontohkan, seperti Hotel Shallimar tempatnya bekerja, selama periode November 2023 ada empat kegiatan MICE yang diselenggarakan oleh instansi pemerintahan, baik dari Malang maupun luar Malang.

"Untuk pemesanan kamar mulai ada (untuk Nataru), ini mudah-mudahan terus meningkat," katanya.

Baca juga: Malang Targetkan 1,97 Juta Kunjungan Wisata hingga Akhir Tahun

Adapun untuk menyambut tahun baru, hotel-hotel sudah menyiapkan kegiatan perayaan. Hal ini dilakukan agar para tamu lebih banyak menghabiskan waktu di hotel daripada di luar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com