Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tips Wisata ke Malioboro Saat Libur Nataru 2024

Kompas.com - 25/12/2023, 21:18 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Apakah kamu berencana liburan ke Malioboro saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024? Jika iya, berikut sejumlah tips wisata ke Malioboro saat libur Nataru 2023 agar liburan kamu makin nyaman. 

Berdasarkan pantauan Kompas.com, Senin (25/12/2023), wisatawan tampak memadati kawasan Jalan Malioboro, Yogyakarta saat libur Natal. Para wisatawan tersebut, datang dari berbagai daerah di Indonesia. 

Baca juga:

Tips wisata ke Malioboro 

Berikut sejumlah tips wisata ke Malioboro saat libur Nataru 2024 berdasarkan pengalaman Kompas.com saat berkunjung langsung ke ikon wisata Yogyakarta tersebut. 

1. Bawa topi 

Sejumlah wisatawan mengunjungi Teras Malioboro 1, Yogyakarta, Senin (25/12/2023). Kompas.com/ULFA ARIEZA Sejumlah wisatawan mengunjungi Teras Malioboro 1, Yogyakarta, Senin (25/12/2023).

Cuaca di kawasan Malioboro cukup terik. Saat Kompas.com berkunjung ke sana pada Senin (25/12/2023), pukul 10.00 WIB hingga 12.00 WIB, suhunya mencapai 33-34 derajat celcius. 

Oleh sebab itu, wisatawan disarankan membawa penutup kepala seperti topi maupun payung. Wisatawan juga bisa mengenakan kaca mata. Harapannya, perlengkapan itu mampu mengurangi paparan sinar matahari yang cukup terik sehingga liburan lebih nyaman. 

Terlebih, mayoritas kawasan Malioboro merupakan area outdoor. Namun tenang saja, wisatawan bisa berteduh di bawah pepohononan maupun area pertokoan Teras Malioboro 1 dan 2. 

2. Datang pagi atau sore hari 

Karena cuaca cenderung panas, wisatawan disarankan datang pada pagi hari maupun sore. Dengan begitu, wisatawan bisa lebih nyaman menjelajahi seluruh kawasan Malioboro. 

Jika datang pada sore hari, wisatawan bisa menikmati suasana petang di Titik Nol Kilometer Yogyakarta. 

3. Cek lokasi parkir 

Kawasan Malioboro dipenuhi wisatawan pada libur Natal 2023, Senin (25/12/2023). 
Kompas.com/ULFA ARIEZA Kawasan Malioboro dipenuhi wisatawan pada libur Natal 2023, Senin (25/12/2023).

Bagi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi, sebaiknya mencari dulu informasi area parkir terdekat dengan destinasi yang dituju. Mengutip dari Kompas.com (19/4/2023), ada sepuluh tempat parkir di Malioboro yang dikelola oleh pemerintah dan swasta. 

Misalnya, wisatawan ingin berkunjung ke Teras Malioboro 1, maka sebaiknya memilih area parkir di sebelah Pasar Beringharjo maupun Ramai Mall. Jadi, pengunjung tidak harus berjalan jauh dari area parkir menuju Teras Malioboro 1. 

Baca juga:

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com