BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Mastercard

Tahun Baru, Resolusi Baru, 5 Destinasi Seru di Jakarta yang Bisa Ditempuh dengan MRT Ini Wajib Masuk Bucket List 2024

Kompas.com - 10/01/2024, 09:03 WIB
Aningtias Jatmika,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Tahun Baru kerap diidentikkan dengan resolusi kehidupan baru. Resolusi ini digunakan sebagai panduan untuk mencapai keinginan atau impian selama satu tahun ke depan.

Isi resolusinya pun bisa bermacam-macam, mulai dari pencapaian hingga menjelajahi destinasi seru.

Berbicara soal destinasi wisata seru, Jakarta dapat dimasukkan ke dalam bucket list resolusi liburanmu.

Sebagai ibu kota negara, Jakarta tak hanya menjadi pusat perekonomian yang identik dengan gedung-gedung tinggi.

Tak hanya itu, Jakarta juga memiliki deretan lokasi seru yang cocok dijadikan destinasi liburan, baik bersama keluarga, pasangan, maupun sahabat.

Terlebih, statusnya sebagai kota metropolitan menjadikan Jakarta semakin lengkap dengan fasilitas transportasi yang nyaman dan memudahkan pelancong berkunjung dari satu destinasi ke destinasi lain.

Salah satu transportasi kebanggaan Kota Jakarta adalah Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta.

Nah, berikut adalah rekomendasi tempat seru di Jakarta yang berdekatan dengan stasiun MRT dan dapat masuk bucket list wisata.

1. Sarinah dan Skydeck Bundaran HI

Sarinah merupakan mal pertama yang dibangun di Jakarta dan bahkan di Indonesia. Nama “Sarinah” berasal dari nama pengasuh Soekarno pada masa kecil. Semula, Sarinah menjadi tempat untuk mengenalkan kerajinan tangan dan produk lokal kepada wisata asing.

Pengunjung berpose di depan mesin foto otomatis Sarinah, Jakarta Pusat, Kamis (29/6/2023).Kompas.com/Wasti Samaria Simangunsong Pengunjung berpose di depan mesin foto otomatis Sarinah, Jakarta Pusat, Kamis (29/6/2023).

Setelah selesai direvitalisasi pada 2022, gedung itu tak sekadar menjadi tempat berbelanja. Pengunjung juga bisa berwisata kuliner, berburu foto Instagramable, dan menikmati pertunjukan musik yang rutin digelar di sana.

Baca juga: 8 Wisata Dekat Tugu Tani Jakarta, Ada Monas dan Sarinah

Untuk mencapai Sarinah, kamu bisa turun di Stasiun Bundaran HI dan berjalan kaki sekitar 500 meter.

Sebelum menuju Sarinah, kamu tak ada salahnya menikmati Skydeck Bundaran HI terlebih dahulu. Di anjungan ini, kamu dapat memotret lanskap Bundaran HI dengan deretan gedung-gedung pencakar langit di sekitarnya.

2. Hutan Kota GBK

Rerumput hijau dan pepohonan yang rindang membuat Hutan Kota Gelora Bung Karno (GBK) cocok dinobatkan sebagai salah satu hidden gem di pusat Jakarta. Area seluas sekitar 4 hektare ini ditata sedemikian rupa sebagai paru-paru kota.

Pengunjung bisa duduk santai sambil melihat deretan gedung bertingkat. Pengunjung juga dibolehkan menggelar tikar mini dan menikmati camilan yang dibawa untuk piknik di sini.

Hutan Kota GBK, Selasa (28/3/2023)Kompas.com/Wasti Samaria Simangunsong Hutan Kota GBK, Selasa (28/3/2023)

Hutan Kota GBK buka dari Selasa-Minggu dengan dua shift dalam satu hari, yakni pada pukul 06.00-10.00 WIB dan 15.00-18.00 WIB.

Adapun kawasan tersebut bisa dijangkau dengan berjalan kaki sejauh 100 meter dari Stasiun Istora Mandiri.

3. Chillax Sudirman

Penamaan “Chillax” diambil dari singkatan chill and relax. Sejak dibuka pada November 2022, Chillax Sudirman menjadi salah satu tempat nongkrong favorit di Jakarta.

Area tersebut merupakan suatu kawasan komersial dengan konsep food and beverages (F&B) bertema alfresco dining alias restoran dengan ruang terbuka. Nuansa ala Eropa kental terasa di sana.

Baca juga: Pengalaman Main ke Museum Patah Hati di Chillax Sudirman

Berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman Kav 23, Kuningan, Karet, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan, Chillax Sudirman bisa dijangkau dengan berjalan kaki sejauh 500 meter dari Stasiun Setiabudi Astra.

Suasana di Chillax, tempat nongkrong dan kuliner baru di Sudirman, Jakarta Selatan, pada Jumat (18/11/2022).KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Suasana di Chillax, tempat nongkrong dan kuliner baru di Sudirman, Jakarta Selatan, pada Jumat (18/11/2022).

4. Kawasan Blok M

Blok M telah lama menjelma sebagai salah satu destinasi seru di Jakarta. Keberadaan Stasiun Blok M BCA turut melengkapi kemudahan aksesibilitas ke kawasan ini.

Di kawasan tersebut, kamu bisa mengunjungi Taman Literasi Martha Christina Tiahahu, mencoba berbagai tenant kuliner di kawasan M Bloc yang Instagramable, berbelanja di Plaza Blok M dan Blok M Square, serta menikmati kawasan Little Tokyo.

Ilustrasi M Bloc Space, Jakarta Selatan.SHUTTERSTOCK/WIYONOPROJO Ilustrasi M Bloc Space, Jakarta Selatan.

5. Senopati

Deretan lounge, restoran, bar, dan klub menawarkan segudang tempat hiburan dengan beragam konsep di Senopati. Tak heran, kawasan ini pun dijuluki “Senoparty”.

Salah satu tempat yang bisa dipilih adalah underground bar karaoke Duck Down Bar yang berlokasi di basement Gedung Soho Gunawarman. Kemudian, ada juga A/A Bar, Ms. Jackson Music Bar, Soiree, The Cocktail Club, The Replay, dan Zodiac.

Baca juga: Bersantap di Restoran Eropa Kawasan Senopati yang Bertahan 10 Tahun

Melipir sejenak ke Jalan Wijaya, kamu bisa menemukan LEON, yakni kafe bertema western yang menyediakan aneka makanan barat.

Kawasan Senopati dapat disusuri sejauh 700 meter dari Stasiun Senayan Mastercard.

Itulah sejumlah destinasi seru yang ada di sekitar stasiun MRT. Ibarat sambil menyelam minum air, kamu bisa mengunjungi semua destinasi itu dalam sekali perjalanan sembari menikmati keistimewaan moda transportasi unggulan Ibu Kota tersebut.

Apalagi, sekarang ada metode pembayaran baru untuk perjalanan yang lebih efisien. Pembelian tiket single-trip kini bisa dilakukan dengan kartu debit atau kredit Mastercard di seluruh loket stasiun MRT.

Kartu debit Mastercard juga bisa digunakan untuk isi saldo (top-up) kartu multitrip MRT di seluruh loket stasiun MRT. Selain itu, kartu kredit Mastercard bisa digunakan untuk membeli tiket MRT digital di aplikasi MyMRTJ.

Tak sampai di situ, kerja sama antara MRT Jakarta dan Mastercard juga diwujudkan lewat penamaan Stasiun Senayan Mastercard.

Kolaborasi antara MRT Jakarta dan Mastercard tersebut bertujuan untuk memastikan akses transportasi yang lebih baik dan mudah bagi warga ataupun wisatawan di Jakarta. 


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com