Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiket Masuk ke Venesia 2024 Sudah Bisa Dipesan, Ini Jadwalnya

Kompas.com - 17/01/2024, 12:55 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Turis yang hendak melancong ke Venesia, Italia, wajib membayar biaya masuk sekitar 5 euro atau sekitar Rp 85.157 per hari.

Tiket masuk ke Venesia ini sudah bisa diakses melalui platform pembayaran daring mulai Selasa (16/1/204) pukul 12.00 waktu setempat.

Walikota Venesia, Luigi Brugnaro mengatakan bahwa biaya tersebut bukanlah upaya untuk mendatangkan pendapatan tambahan, tetapi untuk mengatur arus wisatawan.

“Upaya kami adalah menjadikan kota ini lebih layak huni,” kata Luigi dikutip dari laman Euronews, Rabu (17/1/12024).

Ia menambahkan, pemberlakuan kebiijakan biaya masuk ini juga diharapkan dapat mendorong kunjungan turis lebih lama di Venesia, serta meningkatkan kualitas hidup penduduk setempat.

Dikutip dari CNN Travel, kebijakan ini akan diuji coba pada hari-hari tertentu saat high season, yakni mulai 25 April sampai 14 Juli 2024.

Baca juga:

Biaya ini berlaku untuk turis yang berkunjung ke Venesia mulai pukul 08.30 sampai pukul 16.00 waktu setempat.

Artinya, turis yang datang ke Venesia untuk sekadar makan malam atau menyaksikan konser malam hari, tidak perlu membayar biaya masuk.

Setelah membeli tiket masuk, nantinya turis akan diberi kode QR untuk ditunjukkan kepada petugas di pintu pemeriksaan nantinya.

Adapun orang-orang yang dibebaskan dari biaya masuk ke Venesia yakni penduduk lokal, pengunjung kelahiran Venesia, pelajar atau pekerja, serta wisatawan yang memiliki bukti reservasi hotel atau penginapan saat kunjungan ke Venesia pada tanggal pemberlakuan tiket.

Baca juga:

Berikut tanggal berlakunya biaya masuk ke Venesia:

  • 25-30 April
  • 1-5 Mei
  • 11-12 Mei
  • 18-19 Mei
  • 25-26 Mei
  • 8-9 Juni
  • 15-16 Juni
  • 22-23 Juni
  • 29-30 Juni
  • 6-7 Juli
  • 13-14 Juli

Baca juga:

Kebijakan biaya masuk atau pajak turis ke Venesia diberlakukan setelah Venesia lolos dari daftar bahaya UNESCO pada 2023. 

Pada saat itu Venesia tergolong destinasi yang rusak akibat pariwisata berlebihan. Maka dari itu biaya masuk diberlakukan untuk mengurangi kerumunan

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com