Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kota Malang Targetkan 3,3 Juta Wisatawan Sepanjang Tahun 2024

Kompas.com - 07/02/2024, 16:11 WIB
Nugraha Perdana,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang menargetkan kunjungan wisatawan sepanjang 2024 ini bisa meningkat 10 persen dibanding tahun sebelumnya.

Sebagai perbandingan, jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Malang sepanjang tahun 2023 sebanyak 3,05 juta orang. Artinya, setidaknya ada 3,35 juta wisatawan yang ditargetkan berkunjung ke Kota Malang selama tahun 2024.

Baca juga: Aktivitas Wisata di Bumi Perkemahan Bedengan Malang

"Kurang lebih kami berharap ada kenaikan 10 persen dibandingkan (kunjungan yang ada) tahun sebelumnya," kata Kepala Disporapar Kota Malang, Baihaqi pada Rabu (7/2/2024).

Pada tahun 2023, jumlah kunjungan wisatawan nusantara sejumlah 3 juta orang, sedangkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara adalah 48.358 orang.

Angka kunjungan wisatawan yang ada berdasar dari 47 daya tarik wisatawan, di antaranya kampung-kampung tematik, museum, dan taman.

Baihaqi optimistis pada tahun 2024 ini, kunjungan wisatawan di Kota Malang dapat memenuhi target yang ada.

"Adanya kampung-kampung tematik, kawasan Kayutangan, kemudian kalender event wisata, tentu diharapkan menjadi daya tarik untuk mendatangkan wisatawan," tuturnya.

Baca juga:

Pemandangan Gereja Katolik dari JPO di Kayutangan Kota Malang.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Pemandangan Gereja Katolik dari JPO di Kayutangan Kota Malang.

Sebagai informasi, di Kota Malang terdapat 23 kampung tematik, antara lain Kampung Tridi Kesatrian, Kampung Warna Warni, dan Kampung Heritage Kajoetangan.

"Kampung-kampung tematik kita seperti Kampung Tridi Kesatrian, Kampung Warna Warni, Kampung Heritage Kajoetangan ini juga seringkali dikunjungi wisatawan mancanegara. Tahun lalu jumlahnya ribuan yang datang, mereka rata-rata bernostalgia, seperti wisatawan dari Belanda mungkin kakek neneknya pernah tinggal di sini," jelasnya.

Baca juga: Harga Tiket dan Jam Buka Pantai Banyu Meneng Malang

Perlu diketahui, kalender event wisata di Kota Malang terdapat 153 event. Rata-rata kegiatan itu digelar di kampung-kampung tematik dan hotel, oleh dinas-dinas Pemkot Malang.

Beberapa event tersebut, seperti Gugur Gunung Bangun Kampung Sodaqoh Gizi di Kampung Tempe pada Minggu (25/2/2024), kemudian Jaranan Bamboo Mewek di Kampung Bamboo Mewek Park pada Minggu (25/2/2024).

Selanjutnya, Festival Patrol yang diselenggarakan oleh Disporapar Kota Malang, serta Nyambat Nyambut Wulan Poso di Kampung Gribig Religi pada Minggu (3/3/2024).

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com