Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Bregada, Prajurit Pengawal Keraton Surakarta

Kompas.com - 18/03/2024, 16:48 WIB
Zeta Zahid Yassa,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bregada atau bergodo, merupakan pasukan setia yang menemani perjalanan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, memang selalu menarik perhatian. 

Mereka tampil dengan seragam beraneka warna yang dipakai sesuai dengan kesatuan masing-masing, seperti merah, hijau, biru, dan hitam dengan bagian bawahnya ditutupi kain batik motif tertentu. 

Dilansir dari laman Pemerintah Kota Surakarta, Bregada bukan hanya sekadar atraksi, tetapi juga memiliki sejarah yang kaya dan penting dalam pertahanan keraton.

Baca juga:

Dulu, Bregada adalah angkatan bersenjata keraton yang sangat diandalkan. Mereka terampil dalam berperang dan dilatih dalam penggunaan berbagai senjata seperti tombak, pedang, dan panah. 

Namun, saat ini keunikan mereka tidak lagi terletak pada kemahiran berperang semata, tetapi lebih sebagai simbol budaya yang lestari.

Pertunjukan budaya

Pertunjukan budaya ini menampilkan berbagai jenis Bregada, seperti Bregada Musik, Bregada Tamtama, Bregada Prawira Anom, Bregada Jayeng Astra, Bregada Sarageni, Bregada Jayasura, dan Bregada Darapati. 

Masing-masing memiliki peran dan fungsi yang unik, mencerminkan beragamnya tugas dan tanggung jawab yang harus diemban dalam mengawal keamanan dan ketertiban keraton.

Atraksi Prajurit Keraton Solo ini bisa dilihat pada acara kirab besar, seperti Kirab Boyong Kedaton. 

Kirab Boyong Kedaton yang merupakan pengingat akan peristiwa penting sejarah, yaitu perpindahan kekuasaan dari Keraton Pajang menuju Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Kamu bisa melihat para Bregada jalan berbaris dengan seragam dan atribut lengkapnya. 

Baca juga:

 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com