Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Kampung Inggris, Belajar Sembari Liburan

Kompas.com - 28/03/2024, 19:20 WIB
Zeta Zahid Yassa,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Indonesia dikenal sebagai negara dengan deretan desa wisata dan kampung kreatif yang berdaya saing. 

Salah satu kampung kreatif yang terkenal unik dan menjadi daya tarik banyak wisatawan adalah Kampung Inggris

Melansir Kemenparekraf, Rabu (27/03/2024) Kampung ini terkenal memiliki desa wisata dengan keindahan alam dan keragaman budayanya. 

Selain itu, Kampung Inggris juga terkenal sebagai tempat di mana banyak orang yang berada di kampung tersebut berbicara menggunakan Bahasa Inggris.

Fakta menariknya, selain Kampung Inggris di Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Indonesia juga memiliki kampung-kampung kreatif lainnya yang cukup populer. 

Baca juga: Wisata Bawah Air Laut di Desa Wisata Mbuang-mbuang Sulawesi Tengah

Beberapa di antaranya adalah Kampung Inggris Sulawesi Selatan, Kampung Inggris Bandung, Kampung Inggris Sumatra Barat, dan Kampung Inggris Kalimantan Selatan.

Semua kampung ini telah melahirkan bibit-bibit unggul dan berdaya saing berbekal kemampuan bahasa Inggris yang mumpuni.

Belajar bahasa Inggris di Kampung Inggris memberikan pengalaman yang lebih seru dan berkesan. 

Kegiatan belajar di kampung kreatif ini tidak akan terasa membosankan karena kita bisa sekaligus berlibur sambil menjalin relasi dengan banyak orang baru. 

Meski harus mengikuti jam pembelajaran yang lebih intensif dibandingkan tempat kursus les bahasa Inggris lainnya, sistem belajar di Kampung Inggris terasa liburan sambil belajar. 

Kita akan dibiasakan untuk terus berkomunikasi dalam bahasa Inggris saat ngobrol dengan teman-teman lainnya dan warga sekitar, tanpa khawatir dihakimi karena tidak lancar berbahasa Inggris.

Baca juga: Edukasi Pertanian di Desa Wisata Pagak Banjarnegara

Selain itu, belajar bahasa Inggris di Kampung Inggris juga memiliki harga yang jauh lebih terjangkau. Siswa bisa mendapatkan fasilitas, pengalaman, sekaligus banyak ilmu yang bermanfaat sebagai bekal masa depan. 

Kegiatan belajar bahasa di Kampung Inggris menjadi langkah awal yang sangat baik, terutama dalam membuka peluang kerja di masa depan. 

Kampung Inggris Pare, yang terletak di Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, telah menjadi pusat perhatian bagi masyarakat yang ingin meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris mereka. 

Sejarah Kampung Inggris

Gedung Basic English Course (BEC) yang merupakan cikal bakal Kampung Inggris Pare.academicindonesia.com Gedung Basic English Course (BEC) yang merupakan cikal bakal Kampung Inggris Pare.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com