Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KA Argo Bromo Anggrek Gunakan Kereta Eksekutif New Generation mulai 29 Maret

Kompas.com - 28/03/2024, 15:52 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kereta Api (KA) Argo Bromo Anggrek relasi Gambir – Surabaya Pasarturi pergi pulang (PP) akan beroperasi menggunakan jenis Kereta Eksekutif New Generation mulai Jumat (29/3/2024).

“Pengoperasian Kereta Eksekutif New Generation ini merupakan bentuk peningkatan pelayanan KAI kepada pelanggan jelang arus mudik Lebaran 2024, khususnya pelanggan KA Argo Bromo Anggrek," kata VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam siaran resmi, Kamis (28/3/2024).

Sebagai informasi, Kereta New Generation merupakan bagian dari pengadaan 612 unit kereta Stainless Steel New Generation periode 2023 sampai 2026 yang didatangkan dari PT INKA (Persero).

Ke depannya, kata Joni, Kereta New Generation akan dioperasikan untuk KA-KA lainnya secara bertahap.

Baca juga: 10 Tips Mudik Menggunakan Kereta Api

Sebelumnya, Kereta Eksekutif New Generation telah dioperasikan pada KA Argo Dwipangga relasi Gambir – Solo Balapan pp sejak 13 Desember 2023.

Lalu, pada KA Argo Lawu relasi Gambir – Solo Balapan pp sejak 18 Desember 2023, dan pada KA Taksaka relasi Gambir – Yogyakarta pp sejak 18 Januari 2024.

Fasilitas Kereta Eksekutif KA Argo Bromo Anggrek

KA Argo Bromo Anggrek gunakan Kereta Eksekutif New Generation mulai Jumat (29/3/2024).Kompas.com/Suci Wulandari Putri KA Argo Bromo Anggrek gunakan Kereta Eksekutif New Generation mulai Jumat (29/3/2024).

Keunggulan dari Kereta Eksekutif KA Argo Bromo Anggrek, salah satunya pintu masuk kereta dan pintu penghubung antarkereta sudah menggunakan pintu elektrik otomatis.

Pelaku perjalanan diharapkan bisa lebih mudah dalam membuka atau menutup pintu tanpa mengeluarkan banyak energi. Selain itu, suara aktivitas buka-tutup pintu pun menjadi lebih senyap.

Joni menambahkan, terdapat papan informasi penumpang atau Passenger Information Display System (PIDS) di masing-masing kereta, termasuk kereta makan, yang dapat menampilkan informasi stasiun terdekat, kecepatan, dan suhu ruangan.

Baca juga: 15 Makanan Kereta Api Hanya Ada di Rute Jawa Timur, Harga Mulai Rp 10.000

PIDS tersebut membantu menciptakan pengalaman perjalanan yang lebih baik dan menyediakan informasi penting bagi pelanggan selama perjalanan.

"Jendela Kereta Eksekutif dan Luxury New Generation juga telah diperbarui menjadi tempered double glass dari sebelumnya tempered glass," tuturnya.

Dengan demikian, lanjutnya, tingkat keamanan kereta lebih tinggi.

Jendela yang sudah diperbarui itu juga membantu mengurangi masuknya panas berlebih dan sinar UV ke dalam ruangan, serta mereduksi kebisingan.

KAI juga menambahkan spot pengisian daya untuk gawai (USB charger port) di masing-masing kursi dan di samping stopkontak yang tersedia di dinding kereta.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com