Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Liburan dengan Anak-anak Menggunakan Kereta Api Jarak Jauh

Kompas.com - 24/04/2024, 09:11 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Bagi keluarga yang suka melakukan perjalanan untuk liburan dengan kereta api, dan sedang akan menggunakan kereta api jarak jauh. Ada tips bawa anak-anak agar perjalanan nyaman dan menjadi menyenangkan. 

Tak kalah dengan kenyamanan yang ditawarkan saat menggunakan mobil pribadi, bepergian dengan kereta api juga menawarkan pengalaman seru.

Di kereta, orang tua dan anak-anak memiliki ruang untuk bergerak bebas dan banyak hal menarik untuk dilihat. Dilansir dari laman Lonely Planet, simak tips bawa anak dalam perjalanan kerta api jarak jauh berikut ini. 

Baca juga:

1. Rencanakan rute perjalanan dengan baik

Dalam laman tersebut menyarankan untuk merencanakan rute perjalanan dengan seksama dan pastikan untuk mempertimbangkan kenyamana keluarga.

Pastikan kamu sudah mengetahui tentang peron mana yang akan menjadi tempat kereta berhenti. Dengan begitu, kamu tidak akan terlalu sulit untuk berpindah peron saat membawa anak-anak dan barang bawaan.

2. Pesan tiket kereta api jauh-jauh hari

Ada baiknya untuk memesan tiket kereta api dengan tanggal keberangkatan yang masih lama. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan harga yang terbaik dengan tempat duduk yang nyaman.

Serta pertimbangkan upgrade ke kelas untuk tempat duduk kereta api agar lebih menunjang kenyamanan.

Proses perawatan kereta api di Dipo Ketapang (Kompas.com/Rizki Alfian Restiawan) Proses perawatan kereta api di Dipo Ketapang

3. Riset tentang kereta api yang akan digunakan

Selain melakukan perencanaan rute perjalanan, lakukan riset tentang rute perjalanan, fasilitas yang ditawarkan, hingga menu makanan atau minuman yang dijual.

Cari tahu apakah ada gerbong khusus untuk anak-anak atau hal menarik yang bisa dilihat di sepanjang perjalanan.

4. Bawalah barang sesuai kebutuhan

Bagi orang tua yang akan membawa anak-anaknya dalam perjalanan jarak jauh menggunakan kereta api, hindari membawa barang yang terlalu banyak dan tidak diperlukan.

Bawa hanya barang-barang penting seperti perlengkapan pribadi, baju ganti, dan makanan ringan.

5. Bawa mainan

Ada baiknya waktu selama perjalanan digunakan untuk bermain permainan keluarga atau berinteraksi bersama. Gunakan waktu luang di kereta untuk bermain permainan keluarga atau berinteraksi dengan anggota keluarga lainnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com