Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengalaman ke Jembatan Kaca Tangerang, Bisa Lihat Sungai Cisadane

Kompas.com - 27/04/2024, 14:37 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

TANGERANG, KOMPAS.com - Siapa sangka, di Tangerang, Banten, ada jembatan kaca yang melintang di atas Sungai Cisadane. Namanya Jembatan Kaca Berendeng.

Kata "berendeng" tersebut merupakan akronim dari "benteng betawi gerendeng", dilansir dari laman resmi Pemerintah Kota Tangerang, Sabtu (27/4/2024).

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Tangerang yang Bersejarah, Ada Pintu Air dan Makam

Beberapa hari lalu, saya mengunjungi Jembatan Kaca Berendeng bersama TimeGap. Lokasinya di Jalan Benteng Jaya Nomor 28-31, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Banten.

"Kita lanjut menyeberangi Sungai Cisadane lewat jembatan kaca," tutur pemandu dari TimeGap, Tama pada Minggu (21/4/2024).

Jembatan yang diresmikan pada Februari 2018 ini cukup Instagramable karena diberi cat warna-warni, dengan hiasan pola yang mirip sisik ikan.

Tanjakan menuju jembatan kaca Tangerang atau Jembatan Kaca Berendeng di Kota Tangerang, Banten, pada Minggu (21/4/2024).KOMPAS.com/Ni Nyoman Wira Tanjakan menuju jembatan kaca Tangerang atau Jembatan Kaca Berendeng di Kota Tangerang, Banten, pada Minggu (21/4/2024).

Untuk menuju puncak jembatan, saya harus menanjak terlebih dahulu. Meskipun tidak securam hingga kemiringan 45 derajat, tapi tetaplah tinggi dan tidak ada tangga pembantu di trotoar kanan dan kiri. 

Untungnya, jalan beraspal di tengah jembatan cukup luas, bahkan bisa dilalui kendaraan roda empat.

Tama menuturkan, jembatan ini kadang dibuka dan ditutup untuk kepentingan lalu lintas. Jembatan ini pun menghubungkan wilayah Tangerang Barat dan Tangerang Timur. 

Baca juga:

Harus lepas alas kaki

Salah satu pengunjung jembatan kaca Tangerang atau Jembatan Kaca Berendeng di Kota Tangerang, Banten, pada Minggu (21/4/2024). Pengunjung harus melepas alas kaki sebelum melangkah ke lantai kaca di jembatan.KOMPAS.com/Ni Nyoman Wira Salah satu pengunjung jembatan kaca Tangerang atau Jembatan Kaca Berendeng di Kota Tangerang, Banten, pada Minggu (21/4/2024). Pengunjung harus melepas alas kaki sebelum melangkah ke lantai kaca di jembatan.

Jika bertanya di mana letak kaca yang menjadi nama Jembatan Kaca Berendeng, menanjaklah sampai ke puncak.

Sebab, di titik itulah kamu akan menemukan area kaca yang dipasang di sisi kanan dan kiri jembatan. 

Penempatannya cukup unik lantaran kamu bisa melihat pemandangan Sungai Cisadane secara menyeluruh, dari ketinggian sekitar lima meter. 

Dilansir dari laman Pemerintah Kota Tangerang, luas area kaca ini sekitar 7x2,5 meter dengan kapasitas 60 orang, yang masing-masing beban maksimalnya 80 kilogram.

Sayangnya, saat saya berkunjung, tidak terlihat papan pengumuman soal kapasitas dan maksimal berat yang mampu ditanggung area kaca. 

Pengumuman yang tertempel di dinding area kaca hanyalah pemberitahuan untuk melepas alas kaki sebelum melangkah ke area tersebut. 

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com