Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Sunmor", Surga Belanja di Yogyakarta

Kompas.com - 21/09/2015, 18:21 WIB
Kontributor Travel, Adhika Pertiwi

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Jika Anda sedang berlibur ke Yogyakarta bertepatan dengan akhir pekan, jangan lewatkan untuk berkunjung ke area kampus Universitas Gadjah Mada (UGM) pada Minggu pagi. Anda akan menemukan surga belanja serba ada di pasar kaget yang disebut Sunday Morning.

Di pasar kaget yang juga disebut "sunmor" ini, Anda akan menemukan berbagai macam barang yang dijual dengan harga mahasiswa. Sejak pukul 5 pagi, biasanya para pedagang sudah menggelar lapak dadakan di sepanjang Jalan Notonegoro, sebelah timur Masjid Kampus UGM.

Para pedagang menjual camilan hingga makanan berat, berbagai jenis pakaian, perabot rumah tangga, hingga batu akik. Semua bisa ditemukan di sini dengan harga terjangkau. Pasar yang hanya buka setiap minggu pagi hingga pukul 12 siang ini selalu ramai oleh warga maupun wisatawan yang ingin melihat dari dekat suasana sunmor.

Pasar kaget ini sudah ada sejak masa krisis moneter, awalnya "sunmor" berlokasi di area sekitar Grha Sabha Pramana UGM. Kemudian direlokasi ke wilayah UGM yang berbatasan dengan kampus Universitas Negeri Yogyakarta.

Jika tertarik untuk mencari sarapan di Sunday Morning, banyak pilihan untuk Anda mulai dari nasi kuning, lontong opor, bubur ayam, hingga gudeg dengan harga terjangkau. Saat makan, siapkan uang receh karena akan banyak pengamen yang biasanya memamerkan suaranya. Tak jarang Anda akan melihat sekelompok mahasiswa yang menjajakan suaranya untuk mengumpulkan dana kepanitiaan.

Berbagai macam camilan kekinian pun akan Anda temukan di sini, mulai dari es krim pot lengkap dengan cacing buatan dari jelly dan bunga segar, sosis bakar, otak-otak, pukis, cimol, bakso tusuk, hingga minuman jamu seperti kunyit asam dan beras kencur.

Bagi pecinta fashion, Anda akan dimanjakan dengan berbagai jenis pakaian mulai dari baju tidur, pakaian batik, kebaya, hingga hijab. Di pasar ini pengunjung juga bisa membeli berbagai macam oleh-oleh khas Yogyakarta atau aksesoris unik yang dijual dengan harga murah.

Meski pengunjung yang datang harus rela berdesak-desakan, tidak ada salahnya untuk datang dan berbelanja barang dengan harga terjangkau di pasar Sunday Morning ini.

Beberapa tips untuk Anda, pertama, karena padatnya jalan di sekitar Sunday Morning, lebih baik parkir kendaraan Anda agak jauh kemudian berjalan kaki daripada terjebak kemacetan. Kedua, banyaknya pengunjung membuat Anda harus berdesak-desakan, sehingga Anda harus waspada dengan barang bawaan. Ketiga, bawa uang secukupnya. Paling tidak cukup untuk membuat perut kenyang dan mendapatkan beberapa tenteng tas belanjaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com