Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kontak dan Informasi Penting untuk Turis Indonesia di Paris

Kompas.com - 14/11/2015, 17:00 WIB
KOMPAS.com — Terkait pasca-serangan teroris di Paris, Perancis, pada Jumat (13/11/2015) malam atau Sabtu dini hari WIB, warga yang sedang berada di Paris, termasuk wisatawan, diharapkan tetap berada di dalam ruangan.

Selain bom meledak di luar Stade de France, Paris juga diteror aksi penembakan di 6 titik.

Imbauan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Paris yang dikeluarkan sejak Jumat (13/11/2015) malam berisi permintaan agar warga negara Indonesia (WNI) yang menetap atau sedang berada di Perancis, khususnya di Paris dan sekitarnya, senantiasa meningkatkan kewaspadaan dan kehati-hatian saat berada di tempat umum atau keramaian.

"WNI yang berada di wilayah yang berdekatan di Perancis diharapkan dapat saling memonitor keberadaan dan keamanan bersama. Orangtua diharapkan senantiasa memonitor keberadaan anak-anaknya," demikian bunyi imbauan tersebut.

WNI diharapkan menyimpan nomor KBRI Paris yaitu:

- KBRI Paris melalui telepon +33(0)145030760 (fixed line)  
- +33(0)621122109 (mobile) 24 jam.

Wisatawan Indonesia yang tengah berada di Paris dan sekitarnya, selain tetap berada di dalam ruangan, diharapkan mengetahui informasi berikut ini:

- Menghubungi KBRI Paris untuk memberi tahu posisi dan tempat berlindung ataupun menginap.
- Memantau situasi melalui Twitter @prepolice dan @paris.
- Menyimpan nomor darurat 112.
- Nomor darurat untuk turis +33 1 45 50 34 60.
- Usahakan tetap terus berada di dalam ruangan sampai kondisi dinyatakan sudah kondusif, hindari bepergian, dan cari perlindungan. Jika masih di luar dan sulit untuk kembali ke hotel, gunakan tanda pagar atau tagar (hashtag) #PorteOuverte di linimasa Twitter, yang berarti #PintuTerbuka. Tagar ini berisi informasi tawaran tempat tinggal sementara.
- Fasilitas publik ditutup. Pemerintah kota melalui Twitter menyatakan bahwa operasi fasilitas publik, mulai dari sekolah, museum, perpustakaan, pusat kebugaran, kolam renang, hingga pusat jajanan, akan ditangguhkan.
- Bandara-bandara di Perancis tetap dibuka, tetapi dengan keamanan yang diperketat.
- Gunakan fitur "Safety Check" di Facebook untuk memberitahukan kerabat dan keluarga mengenai kondisi Anda.
- Hindari lokasi kejadian, yaitu di area 10th dan 11th arrondissement, sebuah kawasan populer untuk anak muda dan turis.
- Metro dalam kota untuk beberapa jalur ditutup sementara waktu, dan jasa taksi dikabarkan susah untuk didapatkan. Kereta menuju Bandara Charles de Gaulle ditutup.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com