Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Kota Wisata "Mainstream", Citilink Catat 2 Rute yang Juga Ramai

Kompas.com - 06/05/2016, 20:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Maskapai berbiaya murah (LCC) Citilink Indonesia tetap mengoperasikan penerbangan secara reguler selama menghadapi liburan panjang pada tanggal 5-8 Mei 2016, mengingat kapasitas seat yang tersedia pada penerbangan yang padat di akhir pekan ini masih mampu menampung lonjakan penumpang yang ada.

President & CEO Citilink Indonesia Albert Burhan di Jakarta, Jumat mengatakan, hingga hari pertama long weekend secara umum ketersediaan kursi masih mencukupi dengan penerbangan regular walau lonjakan mulai terasa sangat cepat di hari Jumat (6/5/2016) ini.

“Pada awal pekan booking seat tercatat masih 65 persen namun sehari menjelang hari Kamis lonjakan terlihat jelas yang mencapai 94 persen seperti hari ini. Citilink Indonesia optimis dapat mengakomodir kebutuhan pengguna jasa. Begitu juga saat arus balik nanti ,” kata Albert Burhan, seperti termuat dalam siaran pers.

Albert menilai, sekarang belum sepenuhnya memerlukan penerbangan tambahan dalam menghadapi liburan panjang (long weekend), namun jika betul-betul lonjakannya luar biasa maka kita akan meminta ijin penerbangan ekstra.

Mengenai rute-rute penerbangan yang padat, Albert mengatakan, rute penerbangan yang menjadi pilihan untuk libur panjang ini umumnya adalah kota-kota yang biasa menjadi tujuan wisata seperti Denpasar, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Solo, dan Padang.

“Namun demikian, ada sejumlah rute yang memang mulai ramai seperti rute Surabaya - Lombok, Balikpapan,” katanya.

Manajemen Citilink memprediksi untuk penerbangan regular pada rute-rute yang telah ada (existing routes), akan cepat habis terjual mengingat panjangnya waktu libur pada pekan ini. Rute-rute tersebut umumnya merupakan penerbangan dari Jakarta menuju ke kota-kota besar lain seperti Denpasar, Surabaya, dan Yogyakarta.

Sementara itu, tingkat isian penumpang untuk arus balik pada long weekend yang jatuh pada pekan depan tercatat mencapai 80 persen. Umumnya penumpang membeli tiket untuk penerbangan pulang pergi sekaligus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com