Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

56 Nelayan Banyuwangi Siap Pecahkan Rekor, Menyelam Selama 28 Jam!

Kompas.com - 18/05/2016, 17:03 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Banyuwangi Underwater Festival akan digelar di Pantai Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, 21-22 Mei 2016.

Sebanyak 56 nelayan yang berasal dari desa Bangsring juga akan memecahkan rekor Muri Ekspedisi Bawah Laut dengan menyelam selama 28 jam.

"Penyelaman akan dilakukan di wilayah perairan Bangsring yang masih masuk wilayah Selat Bali sejak 21 Mei dan akan berakhir pada 22 Mei," jelas Shandi Sumarsono, Humas Bangsring Underwater kepada KompasTravel, Rabu (18/5/2016).

Untuk persiapan tersebut, para nelayan melakukan latihan agar bisa beradaptasi dengan alat selam pofesional karena selama ini mereka menggunakan alat selam tradisional yaitu kompresor.

"Latihan agar bisa adaptasi itu sudah dilakukan sekitar satu bulan ini oleh penyelam utama dari nelayan, sedangkan untuk penyelam pendamping bisa dari kalangan masyarakat," jelas Shandi.

Menurut Shandi, masyarakat umum bisa menjadi penyelam pendamping dengan syarat harus memiliki sertifikat menyelam. Saat para nelayan menyelam, mereka akan melakukan monitoring pergerakan di bawah laut seperti jenis ikan yang ada, arus serta terumbu karang yang ditemukan dan nantinya akan dilaporkan ke darat.

"Laporan tersebut akan dijadikan data bagaimana kondisi underwater di perairan Bangsring yang selama ini menjadi tempat konservasi," ungkapnya.

Selain itu, pada festival tersebut akan diadakan upacara pengibaran bendera bawah laut serta penanaman 1.000 terumbu karang serta melibatkan ratusan siswa untuk mengikuti Marine Education dan gerakan makan ikan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com