Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Ngabuburit" di Kota Depok, Contek "Itinerary" Ini...

Kompas.com - 12/06/2016, 17:44 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

DEPOK, KOMPAS.com – Menunggu waktu berbuka atau sering dikenal dengan istilah ngabuburit bisa diisi dengan jalan-jalan. Nah, berencana untuk ngabuburit tetapi belum punya rencana?

Berbatasan di sisi selatan Jakarta, Kota Depok bisa jadi pilihan sebagai destinasi ngabuburit. Dari Jakarta, Anda bisa menggunakan beberapa moda transportasi menuju Depok seperti kereta rel listrik, angkutan kota, hingga bus umum.

KompasTravel merangkum tempat-tempat wisata yang bisa dikunjungi selama bulan Ramadhan. Berikut ide-ide ngabuburit di Kota Depok yang bisa dijadikan rekomendasi.

Menjelajah Universitas Indonesia

Mulai pagi hari pukul 08.00 WIB, Anda bisa mengunjungi Universitas Indonesia (UI) untuk memulai perjalanan. Di Universitas Indonesia, Anda bisa berkeliling melihat enam danau besar yang akronim dari tiap namanya membentuk kata KAMPUS, yaitu Kenanga, Aghatis, Mahoni, Puspa, Ulin, Salam.

Selain itu, Anda juga bisa merasakan kesejukan di area Hutan Kota UI yang berluas mencapai 90 hektar dan terdiri dari vegetasi pohon-pohonan yang beragam seperti Jati, Meranti, Kopi, Karet, dan Matoa.

Untuk mencapai Universitas Indonesia, salah satu moda transportasi yang bisa digunakan adalah kereta api rel listrik. Anda bisa turun di Stasiun Universitas Indonesia maupun Pondok Cina.

KOMPAS.com / Wahyu Adityo Prodjo Pengunjung bermain Ice Skating di lantai dasar Margocity, Depok, Jawa Barat, Senin (6/6/2016). Untuk mencoba bermain ice skating, pengunjung akan dikenakan biaya sebesar Rp. 85.000 per sesi (45 menit) dan sudah termasuk sepatu ice skating serta kaus kaki.
Bermain ice skating

Setelah Universitas Indonesia, Anda bisa mencoba bermain ice skating di lantai dasar mal Margocity. Atraksi ini hadir di Margocity selama hingga nanti tanggal 17 Juli 2016.

Selama satu hari, atraksi ice skating bisa ditemukan sebanyak 12 sesi. Anda bisa mencoba bermain ice skating selama satu sesi yakni selama 45 menit.

Jika ingin mencoba wisata ice skating di Margocity Depok, Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 85.000. Untuk menuju Margocity dari Universitas Indonesia, Anda bisa memillih naik angkutan umum ke arah Terminal Depok dari Jalan Raya Margonda dan turun tepat di depan Margocity.

KOMPAS.com/Wahyu Adityo Prodjo Pengunjung sedang duduk-duduk santai di pelataran Masjid Dian Al-Mahri, Meruyung, Limo, Kota Depok, Senin (22/6/2015). Pengunjung dapat mengunjungi Masjid Dian Al-Mahri untuk menunggu waktu berbuka puasa.
Mampir ke Masjid Dian Al-Mahri (Kubah Mas)

Siang menjelang sore sekitar pukul 13.00 WIB, Anda bisa memilih Masjid Dian Al-Mahri atau yang dikenal dengan sebutan Masjid Kubah Mas di Kelurahan Meruyung, Kecamatan Limo, Depok. Masjid ini memiliki luas bangunan 8.000 meter persegi dan berdiri di atas lahan seluas 70 hektar.

Anda bisa menikmati keindahan arsiktektur bangunan masjid terutama dengan ciri khas masjid di sana yakni kubah yang berwarna emas. Di sana, Anda juga bisa sempatkan untuk beribadah.

Masjid Dian Al-Mahri bisa jadi opsi terakhir untuk ngabuburit di Kota Depok. Anda bisa mengakhiri di sana sambil berbuka puasa di masjid atau di area sekitar masjid yang banyak menjual makanan dan minuman.

Masjid Dian Al-Mahri bisa dijangkau dari Terminal Depok menggunakan angkutan umum tujuan Parung yang bernomor 03. Setelah itu, minta turunkan di pertigaan Parung Bingung dan lanjutkan dengan angkutan kota tujuan Pondok Labu bernomorn102 lalu turun tepat di depan Masjid Dian Al-Mahri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com