Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Oktober Ini, Yuk Ikut Gotong Royong Bersihkan Jakarta

"Clean Up Jakarta Day memiliki peran sebagai sebuah platform untuk semua komunitas di luar sana yang mau bergabung bersama-sama di satu hari yang khusus," kata Angela Richardson, Pendiri dan Chief Coordinator Clean Up Jakarta Day sesuai siaran pers yang diterima KompasTravel, Rabu (19/7/2017).

Angela menjelaskan banyak organisasi yang melakukan bersih-bersih melalui program sendiri setiap tahun.

Kali ini Clean Up Jakarta Day mengajak semua warga, termasuk sekolah dan perusahaan untuk bergabung dalam satu hari dengan satu suara menuju Jakarta yang lebih bersih. Tak hanya itu, banyak pula selebriti yang bergabung di acara ini. 

Rencananya Clean Up Jakarta Day akan dilaksanakan di 70 lokasi, termasuk di Kepulauan Seribu. Untuk itu jumlah relawan yang dibutuhkan cukup banyak yakni 30.000 orang.

Sebelum acara dimulai, relawan akan diberikan edukasi untuk pemilahan sampah dan dipersiapkan dengan berbagai alat seperti karung sampah yang dapat didaur ulang dan tidak dapat didaur ulang.

Sampah yang dapat didaur ulang, rencananya akan didonasikan kepada bank sampah melalui Dinas Kebersihan DKI Jakarta.

Pendaftaran Clean Up Jakarta Day dapat dilakukan melalui online, tepatnya lewat situs resmi www.cleanupjakartaday.org.

Ini merupakan tahun kelima penyelenggaraan Clean Up Jakarta Day yang sudah dimulai sejak tahun 2013. Tahun lalu, terhitung ada 20.000 relawan yang bergabung dalam acara ini.

Gerakan gotong royong bersih-bersih ini dinilai penting tak hanya untuk membersihkan tetapi juga memberi kesadaran bagi masyarakat untuk tidak buang sampah sembarangan. Juga menambah kepekaan masyarakat untuk mendaur ulang, menggunakan kembali, dan memanfaatkan sampah. Setiap hari, Jakarta memproduksi 6.700 ton sampah.

https://travel.kompas.com/read/2017/07/20/180400727/oktober-ini-yuk-ikut-gotong-royong-bersihkan-jakarta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke