Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Meski Banyak, Hotel di Indonesia Kalah Penuh dari Thailand, Kenapa?

"Indonesia jumlah target kamarnya terpenuhi semua dibandingkan dengan negara-negara ASEAN lain," ujarnya dalam pemaparan Forum Diskusi MarketPlus Center for Tourism & Hospitality di 88 Kasablanka, Jakarta, Rabu (17/1/2018).

Namun, menurut Hariyadi, jumlah keterisian hotel masih kalah jauh dari Thailand, yang hanya memiliki hotel hampir setengahnya dari Indonesia. Akibatnya pendapatan rata-rata dari ketersediaan kamarnya pun kalah jauh.

Dari data yang yang dipaparkannya, jumlah kamar hotel Indonesia baik dari bintang dan non bintang hotel ialah 60.000 kamar. Sedangkan Thailand 30.000 sedikit di bawah Malaysia yang 40.000 kamar hotel.

"Padahal jumlah ketersediaan kamar (di Thailand) hampir setengahnya dari Indonesia. Tapi pendapatannya dari hotelnya jauh lebih tinggi," katanya.

Hal tersebut menurutnya karena Thailand pintar mengelola penawaran dan permintaan. Thailand bisa menentukan jumlah yang pas untuk mengakomodir wisatawan mereka di waktu-waktu tertentu, seperti libur panjang.

"Thailand kuncinya pintar menggunakan supply and demand. Selain itu pariwisata stabil, meskipun politik kisruh, raja ganti-ganti. Tapi pariwisatanya stabil, normal," ujarnya.

"Jadi kalau kita nggak juara se ASEAN, itu kebangetan karena sudah sangat siap dari hotel untuk 2018," ujar Haryadi, dalam paparannya.

https://travel.kompas.com/read/2018/01/17/172400227/meski-banyak-hotel-di-indonesia-kalah-penuh-dari-thailand-kenapa-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke