Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Festival Puncak Papua, Daki Gunung hingga Tinggal Bersama Masyarakat

Ketua Umum Perhimpunan Penempuh Rimba dan Pendaki Gunung Wanadri, Andi Angga Kusuma mengatakan kolaborasi antara Wanadri dan Indonesia Mengajar merupakan kegiatan besar pertama hasil kolaborasi antar dua organisasi. Adapun, kegiatan Festival Puncak Papua terbagi ke dalam tiga kegiatan yaitu ekspedisi pendakian, festival budaya, dan live in di masyarakat Pegunungan Bintang.

"Misinya (Festival Puncak Papua) membuka ruang interaksi antara masyarakat setempat dan Wanadri. Masyarakat umum dengan cara ikut live in dengan masyakarat lokal. Kami coba buka informasi tentang Papua. Selama ini kan dengar Papua kan identik horor," kata Andi kepada KompasTravel seusai acara jumpa pers Festival Puncak Papua di Jakarta, Kamis (1/3/2018) sore.

"Untuk pendakian Gunung Yamin dan Mandala akan dilakukan di bulan Mei. Untuk pendakian  Yamin akan dilakukan oleh anggota Wanadri. Pendakian Gunung Mandala akan bersama masyarakat umum yang lulus seleksi," ujarnya.

Pendakian Gunung Yamin sendiri rencananya dilakukan selama 19 hari dan Gunung Mandala sekitar 15 hari. Untuk kegiatan festival budaya rencananya dilakukan di Oksibil (Papua), Jakarta, dan Bandung.

Sementara untuk kegiatan live in akan dilakukan di Kampung Okatem, Pepera, Bime, Aboding, Parim, Mimim, Ngangom, dan Bumbakon. Masyarakat umum yang terpilih sebagai relawan akan tinggal selama satu hingga tiga minggu di kampung-kampung tersebut.

Adapun masa rekruitmen relawan untuk live in mulai dari tanggal 15 Februari hingga 6 Maret melalui laman bit.ly/liveinfpp. Kegiatan live in dilakukan pada tanggal 8-24 April.

Gunung Yamin dan Gunung Mandala merupakan gunung-gunung di jajaran Pegunungan Jayawijaya. Gunung Yamin berketinggian 4.500 meter di atas permukaan laut (mdpl) dan Gunung Mandala berketinggian 4.730 mdpl.

https://travel.kompas.com/read/2018/03/01/211612427/festival-puncak-papua-daki-gunung-hingga-tinggal-bersama-masyarakat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke