Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengapa Banyak Maskapai Memilih Interior Warna Biru?

Maskapai besar di dunia yang terkenal dengan sentuhan warna biru di kabin adalah British Airways, American Airlines, Aeroflot, hingga Garuda Indonesia. Ternyata pemilihan warna biru tersebut bukan tanpa alasan.

"Warna biru diasosiasikan dengan hal positif. Kepercayaan, efisiensi, ketulusan, ketenangan, dan kesejukan," kata konsultan Colur Affects yang berbasis di London sekaligus penulis buku The Beginner's Guide to Colour Psychology, Angela Wright.

Pemimpin desainer di dunia penerbangan, sekaligus pemimpin perusahaan yang bekerja membuat interior pesawat selama 30 tahun, Nigel Goode mengatakan saat memilih warna interior pertimbangannya adalah memperkuat merek maskapai agar lebih mudah dikenali.

"Namun perhatian utama kami adalah menghadirkan interior yang memaksimalkan kenyamanan untuk menciptakan lingkungan yang menyenangkan," kata Goode.

Uniknya Goode mengatakan maskapai berbiaya rendah cenderung memilih warna terang dan lebih berani.

"Penelitian kami di bandara dan stasiun kereta api menunjukkan bahwa kekuatan psikologis warna dan kontrol pencahayaan dapat memengaruhi perasaan hati orang," kata Goode. 

Seperti warna kuning yang mencerminkan sifat optimis, percaya diri, kekuatan emosional, keramahan, dan kreativitas.

Warna oranye mencerminkan ketenangan fisik, makanan, kehangatan, keamanan, sensualitas, hasrat, kegembiraan, dan kelimpahan.

Sedangkan warna merah mencerminkan keberanian, kekuatan, kehangatan, energi, kelangsungan hidup dasar, stimulasi, maskulinitas, dan kegembiraan.

https://travel.kompas.com/read/2018/03/02/074500227/mengapa-banyak-maskapai-memilih-interior-warna-biru-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke