Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menuju Green Airport, Bandara Soetta Akan Operasikan Bus Listrik

PT Angkasa Pura II (Persero) selaku operasional Bandara Soekarno-Hatta akan bersinergi dengan PT Mobil Anak Bangsa (MAB) untuk menghadirkan sebuah layanan moda transportasi publik yang modern, efisien, dan ramah lingkungan.

Dikutip dari siaran tertulis yang diterima KompasTravel, Senin (5/3/2018), kedua belah pihak telah melakukan MoU. Selanjutnya akan segera melakukan uji coba pengoperasian bus listrik (low deck) di area sisi udara (airside) dan di sisi darat (landside) Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Bus listrik karya PT MAB tersebut mampu mengangkut penumpang sebanyak 60 orang per unitnya. 

Director PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin menjelaskan, pengoperasian bus listrik di Soekarno-Hatta merupakan strategi dan langkah tepat dalam mereduksi emisi karbon khususnya yang berasal dari BBM.

"Juga sebagai penerapan konsep green airport serta sustainable environment seperti bandara-bandara kelas dunia lainnya," katanya dalam siaran tertulis tersebut.

Bandara Internasional Soekarno-Hatta di tahun 2014 telah mendapatkan Airport Carbon Accreditation pada level awal, yaitu "Mapping" oleh Airport Council International (ACI). Level Mapping merupakan pemetaan jejak karbon (carbon footprint) untuk mengetahui seberapa banyak emisi karbon yang ada di suatu bandara.

“Kami pun berharap dengan pemanfaatan teknologi ramah lingkungan tersebut, Bandara Internasional Soekarno-Hatta dapat meraih Airport Carbon Accreditation dari ACI pada level selanjutnya menjadi Reduction," pungkas Awaluddin. (*)

https://travel.kompas.com/read/2018/03/06/084100027/menuju-green-airport-bandara-soetta-akan-operasikan-bus-listrik

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke