Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Parade Kuda Sandalwood di Sumba Hanya Digelar di 3 Kabupaten

Kegiatan tersebut yang semula dijadwalkan berlangsung di empat kabupaten, namun akhirnya hanya terkonfirmasi digelar di tiga kabupaten saja.

Tiga kabupaten yang siap menggelar parade dan festival tersebut yakni Sumba Barat Daya, Sumba Barat, dan Sumba Timur.

"Untuk Kabupaten Sumba Tengah, pemerintah setempat belum menyiapkan anggaran tahun ini," ucap Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTT Marius Ardu Jelamu kepada Kompas.com, Sabtu (16/6/2018).

Marius mengatakan, Parade Kuda Sandalwood akan dilakukan di kawasan hutan sabana dan destinasi di sekitarnya, sementara itu Festival Tenun Ikat digelar di wilayah perkotaan.

Parade kuda dimulai di Kabupaten Sumba Barat Daya pada 5-6 Juli, kemudian di Sumba Barat pada 7-8 Juli.

Selanjutnya di Kabupaten Sumba Tengah pada tanggal 9-10 Juli dan berakhir di Kabupaten Sumba Timur pada tanggal 11-12 Juli.

"Untuk Festival Tenun Ikat akan berlangsung di Kabupaten Sumba Timur, yang akan menampilkan 2.018 orang penenun," kata Marius.

Parade Kuda Sandalwood dan Festival Tenun Ikat, lanjut Marius, merupakan bagian dari agenda nasional yang secara khusus mempromosikan pariwisata Pulau Sumba dengan berbagai potensi lainnya.

Marius mengaku optimistis kegiatan yang rutin digelar setiap tahun ini seiring waktu semakin banyak menarik wisatawan ke Pulau Sumba.

https://travel.kompas.com/read/2018/06/17/091000327/parade-kuda-sandalwood-di-sumba-hanya-digelar-di-3-kabupaten

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke