Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Wisata Sepeda Laut, Cara Asyik Menikmati Pesona Pantai Binuang Polman

Sepeda laut menjadi cara baru menikmati pesona pantai dan keindahan panorama laut Binuang. Menikmati terumbu karang cantik tempat berbagai biota laut hidup dan keindahan pantai Binuang yang asri dijamin bisa membuat wisatawan pulang dengan perasaan fresh alias segar.

Sepeda laut yang bisa menguji adrenalin anda menantang gelombang sambil menyaksikan keindahan panorama bawah laut seperti terumbu karang yang dihuni berbagai jenis biota laut dan tentu saja dengan pemandangan panorama pantai yang indah.

Sepeda air yang dirakit sendiri oleh Sunusi merupakan salah satu tokoh masyarakat setempat yang terpanggil berkontribusi untuk membuat sepeda laut.

Sepeda yang dirakit mengggunakan kombinasi perahu tersebut, dapat digunakan pengunjung atau wsiatawan menyusuri pesisir pantai sambil menyaksikan keindahan pantai dan panorama bawa laut yang cantik.

Dana yang diinvestasikan Sunusi untuk merakit satu buah sepeda laut ini menghabiskan dana sekitar Rp 3,7 juta per satu unit sepeda.

Agar sepeda tidak tenggelam, sepeda laut ini ditopang oleh dua pelampung yang terbuat dari fiber yang dibentuk menyerupai perahu.

Sementara untuk kemudi, Sunusi memasang lempengan dari besi yang berada dibawah setir atau kemudi yang bisa digerakkan ke kiri atau ke kanan.

Sunusi mengerjakan sepeda laut ini secara manual mengaku memerlukan waktu yang cukup lama untuk menyelesaikan satu unit sepeda air. Tak ada kesulitan yang dihadapi oleh laki-laki berusia 41 tahun tersebut. Sebab, saat merakit dia melihat tutorial di Youtube.

Meski bari sebulan dibuka dan disosialisasikan namun jumlah peminat terus bertambah. Pengunjung bukan hanya wisatawan lokal, namun juga berasal dari luar daerah seperti Parepare, Makassar. Biasanya pengunjung ramai pada hari libur.

Untuk tarifnya, pengunjung hanya membayar sewa Rp 10.000 per jam. "Saya buka dari pagi hingga sore hari. Biasanya sore paling banyak pengunjung," katanya.

Terbatasnya modal usaha menjadi alasan Sunusi yang baru memiliki belasan sepeda laut. Saat kunjungan wisatawan mebeludak seperti hari libur lebaran, wisatawan kerap harus antre menikmati sepeda laut, karena jumlah sepeda laut terbatas.

https://travel.kompas.com/read/2018/06/17/164056327/wisata-sepeda-laut-cara-asyik-menikmati-pesona-pantai-binuang-polman

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke