Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Festival Geopark Raja Ampat Digelar untuk Pertama Kalinya

Bupati Raja Ampat Abdul Faris Umlati mengatakan, Raja Ampat telah ditetapkan sebagai kawasan geopark atau taman bumi nasional sejak November 2017 oleh Kementerian Kemaritiman RI.

"Baru tahun ini kami menyelenggarakan Festival Geopark. Kami berharap festival ini juga dapat menjadi ajang promosi pesona wisata karst Raja Ampat yang dapat memajukan perekonomian daerah," ujar Abdul ketika ditemui di Waisai, Raja Ampat, Papua Barat, Rabu (25/7/2018).

Festival ini dipusatkan di kawasan pantai Waisai Torang Cinta (WTC) yang letaknya tak jauh dari Pelabuhan Waisai.

Sejumlah stand yang memamerkan pesona alam dan kekayaan budaya Raja Ampat berjajar di pelataran Pantai WTC.

Ditemui di kesempatan yang sama Kepala Dinas Pariwisata Raja Ampat, Yusdi N Lamatenggo mengatakan, Festival Geopark ini digelar sebagai rangkaian acara kirab obor atau torch relay Asian Games 2018.

"Kami adakan festival ini untuk mendukung acara puncak yaitu kirab obor. Stan pameran dan pertunjukan budaya akan terus kami gelar di WTC selama tiga hari," ujar Yusdi.

Ia menjelaskan, Raja Ampat memilike 29 geoside atau obyek wisata geopark. Dalam festival ini pihaknya mempersiapkan tiga geoside sebagai destinasi dalam rangkaian acara festival.

Tiga geoside yang akan dijadikan destinasi festival geopark yaitu Pantai Waisai Torang Cinta sebagai pusat digelarnya festival, Teluk Mayalibit, dan Paynemo.

Menurut Yusdi, festival ini akan digelar setiap tahun dengan destinasi yang berbeda-beda.

"Selama ini kami sudah menggelar Festival Raja Ampat setiap tahunnya. Nah kami juga akan mulai selenggarakan Festival Geopark dengan geoside yang berbeda-beda setiap tahunnya," pungkasnya.

https://travel.kompas.com/read/2018/07/25/121700227/festival-geopark-raja-ampat-digelar-untuk-pertama-kalinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke