Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Susi Pudjiastuti dan Puan Maharani Resmikan Big Bad Wolf 2019

JAKARTA, KOMPAS.com - Bertempat di depan hall 7 ICE BSD, Tangerang, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani secara resmi membuka Bazar Buku Big Bad Wolf (BBW) Jakarta 2019.

Selain Puan, turut hadir meresmikan pembukaan BBW 2019 yakni Susi Pudjiastuti, Menteri Kelautan dan Perikanan.

Dalam sambutannya, Susi coba mengaitkan pentingnya literasi guna memberdayakan hasil laut dalam negeri.

"Tingkat literasi membedakan peradaban bangsa, sampai mana menjaga dan mencintai laut. Karena tak kenal maka tak sayang. Kita bisa setara dengan Eropa dan Jepang kalau literasi kita cukup," ujar Susi.

Susi memberi contoh, keberhasilannya didapuk sebagai salah satu pemikir global lantaran banyak membaca. Sehingga, studinya yang sempat tidak tamat dapat teratasi.

Sementara itu, Puan Maharani menganggap literasi amat penting agar warga Indonesia di pelosok negeri mampu memiliki wawasan kebangsaan.

Ia mencontohkan salah satu wilayah di Kalimantan Barat yang warganya tidak tahu bila wilayah Indonesia memiliki laut.

"Maka, mari kita bangun daerah yg belom tahu Indonesia dengan buku. Perpustakaan di desa saya sudah liat. Tidak ada isinya, kalau ada pun buku-buku zaman dulu yang kertasnya sudah cokelat," ujar putri dari Megawati Soekarnoputri itu.

Usai seremoni pembukaan yang ditandai dengan gunting pita, Susi dan Puan melangkah masuk menuju arena bazar untuk sejenak melihat-lihat buku yang dijual.

Sebagai informasi, BBW 2019 mulai resmi dibuka untuk umum mulai Jumat (1/3/2019) dan berlangsung selama 10 hari. Pengunjung gratis masuk ke dalam pameran.

https://travel.kompas.com/read/2019/02/28/170416027/susi-pudjiastuti-dan-puan-maharani-resmikan-big-bad-wolf-2019

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke