Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Disebut Jokowi Mirip Tsukiji, Begini Wajah Baru Pasar Ikan Muara Baru

Pintu utama gedung terbuat dari kaca yang dilengkapi dengan sensor sehingga dapat terbuka dan tertutup secara otomatis. Sekitar pukul 17.00 WIB, kondisi di dalam gedung cukup ramai.

Bagian dalam gedung dibagi dalam puluhan blok. Setiap blok berisi hasil laut yang masih tampak segar.

Para pedagang tampak hilir mudik mengangkut hasil laut dagangannya untuk ditata dalam boks-boks berisi es yang diletakkan di dalam blok masing-masing.

Blok-blok pedagang berada lebih tinggi dari lorong yang biasa dilintasi para pembeli. Blok pedagang juga dikelilingi dengan saluran air agar lorong yang dilintasi pembeli tak tergenang air.

Tak hanya pedagang, para petugas kebersihan juga terus berkeliling untuk memastikan air tak menggenangi lorong pembeli.

“Kalau di pasar modern ini memang harus selalu bersih. Tapi kami masih mencoba untuk menyesuaikan dengan kondisi pasar baru. Kalau ada genangan air ya kami coba sapu agar tidak membasahi jalan untuk pembeli,” ujar salah satu pedagang bernama Haerudin saat ditemui Kompas.com, Kamis (21/3/2019).

Menurut Haerudin, Pasar Ikan Modern (PIM) buka setiap hari mulai pukul 17.00 WIB hingga tengah malam.

Tak hanya tempat untuk menjual ikan, PIM juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung yang diharapkan dapat mengakomodasi kebutuhan penjual dan pembeli.

Tempat parkir yang luas

PIM memiliki halaman parkir yang cukup luas. Akses menuju lokasi parkir juga tergolong mudah.

Di depan gedung terdapat sejumlah parking gate yang akan membantu penghitungan tarif parkir pengunjung PIM secara akurat. Sejumlah petugas disiagakan untuk menjaga kendaraan Anda tetap aman.

Ruko

Di lantai dua gedung Anda akan menemui puluhan ruko dengan ukuran sama. Saat ini, baru beberapa ruko saja yang telah dibuka.

Menurut Sekretaris Perusahaan Perum Perikanan Indonesia Agung Pamujo, ruko-ruko itu nantinya akan diisi oleh para pedagang yang akan menjajakan berbagai camilan hingga kerajinan kemaritiman.

“Jadi nanti ada yang akan jual ikan kering, lalu suvenir-suvenir yang bertema kemaritiman, mutiara-mutiara begitu. Jadi untuk wisata juga ya (PIM),” ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Kamis.

Agung berharap nantinya ke-155 kios ini akan terisi dan dapat membuat PIM lebih diminati pengunjung.

Food Court

Berjalan keluar dari komplek ruko, Anda akan menemui tenda besar berwarna putih terpasang di balkon bangunan. Sejumlah ruko juga dibangun di sana. Meja-meja makan diletakkan di pelataran ruko lengkap dengan kursi-kursi plastik khas warung kaki lima.

Sejumlah orang tampak memanggang ikan dan hewan laut lainnya di sekitaran tenda.

“Food court ini memang didesain lebih rapi agar pengunjung dapat menikmati masakan laut di sini. Pengunjung yang membeli ikan di lantai satu juga bisa membawanya ke food court dan dimasakkan oleh para pedagang,” papar Agung.

Ia berharap, dengan kehadiran food court ini, pengunjung bisa mendapatkan pengalaman hasil laut segar di atas rooftop gedung lengkap dengan pemandangan gedung-gedung di kawasan Jakarta Utara.

Toilet yang bersih

Tersedia banyak toilet di PIM. Kondisi toilet-toilet tersebut juga tergolong bersih. Ada petugas yang berjaga di sekitar toilet yang senantiasa mengecek kondisi kebersihat toilet.

Anda akan dikenakan tarif Rp 2.000 jika menggunakan toilet tersebut.

Disebut Jokowi Mirip Tsukiji

Melalui akun instagram pribadinya, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) foto dirinya saat berada di PIM. Dalam foto tersebut, Jokowi bersyukur karena saat ini Indonesia telah memiliki pasar ikan yang bersih seperti Tsukiji yang ada di Jepang.

“Sudah lama saya ingin Indonesia punya pasar ikan besar dan modern seperti pasar ikan Tsukiji di Jepang – yang nyaman, tidak kotor, tidak becek, dan bau. Pada bulan Juli 2016, saya meminta Bu Susi Pudjiastuti, Menteri Kelautan dan Perikanan, untuk mewujudkannya,” ujar Jokowi dalam unggahannya hari ini, Kamis (14/3/2019).

“Dua setengah tahun kemudian, Rabu 13 Maret kemarin, saya meresmikan Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru, Jakarta Utara. Alhamdulillah,” lanjutnya.

Menurut Jokowi, di atas lahan seluas 4,15 hektare di Muara Baru ini terdapat 896 unit lapak penjual ikan segar, 155 unit kios maritim, 8 food court, dan berbagai fasilitas penunjang lainnya.

Adapun Tsukiji merupakan pasar ikan terbesar di dunia yang berada di Jepang. Pasar Tsukiji ini mulanya terletak di distrik Ginza, Tokyo. Selain menjual ikan, pasar ini juga melayani grosir berbagai hasil laut dan juga pertanian.

Pasar ikan ini mulai beroperasi pada tahun 1935. Berbagai pedagang dari Nikonbashi mulai berjualan dan memulai aktivitasnya di Tsukiji.

Dari tahun ke tahun, aktivitas pasar ini mulai ramai dan menunjukkan produktivitas yang tinggi. Tsukiji menjadi pasar ikan terkenal dunia dengan 500 jenis hasil laut di dalamnya.

https://travel.kompas.com/read/2019/03/22/121000827/disebut-jokowi-mirip-tsukiji-begini-wajah-baru-pasar-ikan-muara-baru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke