Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengintip Rupa Bandara Internasional Yogyakarta...

Khusus Bandara Internasional Yogyakarta akan mulai beroperasi pada 29 April 2019. Saat ini beragam simulasi tengah dilakukan untuk memastikan kelayakan dan keamanan bandara ketika dioperasikan nanti.

Lalu bagaimana rupa Bandara Internasional Yogyakarta tersebut? Berikut sejumlah dokumentasi foto yang Kompas.com terima dari PT Angkasa Pura I.

1. Runway atau Landasan Pacu Bandara

Landasan pacu ini memiliki dua buah paralel taxiway atau jalur landas hubung pesawat berikut rapid exit way yang sudah siap digunakan untuk pendaratan pesawat.

2. Garbarata

Ke depannya akan disiapkan 6 garbarata lagi sehingga totalnya akan menjadi 10 garbarata di Bandara Internasional Yogyakarta, Kulon Progo.

3. Terminal

Pada pengoperasian penuh di Desember 2019 nanti, total luas terminal penumpang menjadi 210.000 meter persegi.

Dengan luasan tersebut, dapat menampung sebanyak 14 juta penumpang per tahun atau hampir 10 kali lipat kapasitas ideal Bandara Adisutjipto yang saat ini hanya dapat menampung 1,6 juta penumpang per tahun.

4. Masjid

Daya tampungnya bisa mencapai 600 jamaah, dan mengusung konsep eco-green. Tidak perlu AC untuk menyejukkan suhu di dalam masjid, karena ventilasi yang terpasang membuat aliran udara berjalan lancar.

Angin dari laut pun dapat berembus dan memberi kesejukan pada jamaah yang sedang beribadah di Masjid Al-Akbar.

Selain itu masjid ini juga tahan gempa sebagai upaya mitigasi bencana. Interior masjid ini memakai ornamen desain batik kawung, dan di area luar sekeliling masjid akan dibangun taman hijau dan fasilitas penunjang lainnya.

5. Check in Counter

Fasilitas check in counter juga sudah selesai disiapkan. Terdapat 12 unit check in counter dan 3 unit immigration counter  di bandara ini.

https://travel.kompas.com/read/2019/04/22/080700927/mengintip-rupa-bandara-internasional-yogyakarta-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke