Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Wisata Selandia Baru, 20 Rekomendasi Aktivitas untuk Tahun 2020

KOMPAS.com - Pergi ke Museum Rugbi hingga berayun di Nevis Swing adalah macam-macam kegiatan yang dapat dilakukan saat berlibur di Selandia Baru.

Kamu juga bisa membangun interaksi dengan penduduk lokal yang ramah dan menikmati keindahan alam Selandia Baru.

Untuk memudahkan perjalanan, seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Kompas.com, Tourism New Zealand menyusun 20 kegiatan yang bisa dilakukan saat mengunjungi Selandia Baru pada tahun 2020.

Cangkir ramah lingkungan ini ditawarkan dari maskapai penerbangan AirNZ. Cangkir tidak terbuat dari plastik ataupun kertas melainkan terbuat dari biskuit.

Cangkir biskuit terbuat dari biskuit biscotti rasa vanilla yang diproduksi oleh perusahaan lokal bernama Twiice.

Saat kamu meminum kopi dari gelas ini kamu bisa langsung memakan cangkirnya sebagai camilan.

Cangkir ini juga bisa digunakan untuk wadah minuman hangat lainnya dan mangkuk makanan pencuci mulut. Kamu tidak lagi pusing dengan sampah jika meminum kopi dengan cangkir biskuit ini.

2. Pilih makanan melalui rekomendasi The Realness

Dengan membuka situs The Realness, kamu akan mendapat panduan untuk mencicipi sajian makanan dari buah dan sayuran lokal yang segar.

Situs tersebut membantu penggunannya memilih restoran-restoran terbaik yang menyajikan masakan khas Selandia Baru dengan bahan makanan pilihan.

Pasar Avondale yang terletak di Auckland, menawarkan bahan makanan seperti buah dan sayuran yang segar-segar.

Selain bahan makanan pasar ini juga menjual perlengkapan rumah tangga dan macam-macam kerajinan tangan dengan harga yang terjangkau.

Pasar Avondale merupakan pasar serba ada, bahkan kamu bisa menemukan barang bekas yang kualitasnya masih bagus.

Pasar lokal ini buka setiap hari Minggu dari pukul 5 pagi hingga 12 siang waktu setempat.

4. Mencicipi madu murni bersama Tur Madu Manuka

Pamor madu manuka asal Selandia Baru memang tidak diragukan. PURITI adalah perusahaan yang terkenal memproduksi madu manuka yang berkualitas.

Perusahaan ini menawarkan paket tur yang akan membawamu melihat proses produksi dari madu manuka.

Tur ini akan berjalan selama satu jam. Di dalam tur, terdapat sesi uji rasa madu dan mencicipi berbagai macam madu lainnya.

5. Mengunjungi Museum Rugbi

Dalam Museum Rugbi pengunjung akan disodorkan sejarah dari tim nasional rugbi New Zealand yang terkenal, yaitu All-Blacks.

Museum Rugbi berada di kota Palmerston North. Kamu akan mempelajari tradisi rugbi di negara ini.

Lalu, pengunjung diajak mengetahui sejarah tim rugbi dan cerita rakyat yang inspiratif di balik permainan rugbi di New Zealand.

Saat itu, banga Eropa dalam pelayaran kapal The Endeavour ke Aotearoa pada tahun 1769. Aotearoa adalah sebutan New Zealand dalam bahasa Maori.

Pameran di Museum Auckland ini, bisa membawa pegunjung mencoba menjadi bagian dari dunia Tupaia.

Tupaia adalah seorang Imam besar, seniman, dan navigator asli Tahiti yang berlayar bersama Kapten Cook. Ia bertindak sebagai penerjemah dan penengah kedua bangsa.

Di dalamnya menawarkan berbagai aktivitas yang dapat diikuti seluruh keluarga. Pameran diadakan pada 13 September 2019 hingga 15 Maret 2020.

7. Menengok koleksi unik di Museum Misteri Alam

Museum ini lahir berdasarkan impian dari para seniman dan seorang ilustrator Bruce Mahalski. Di dalamnya terdapat koleksi tengkorak, tulang, seni etnologis dan benda-benda budaya unik yang telah dikumpulkan Bruce selama hidupnya.

Hingga akhir Januari 2020, Museum ini mengadakan pameran pahatan yang terbuat dari tulang.

Seperti tanduk rusa, gigi paus, dan kayu Lignum Vitae buatan pemahat terkenal yang berasal dari Dunedin yaitu Pav Pawlowicz.

Penangkaran pinguin yang terancam punah ini terletak di semenanjung Otago. Kamu bisa melihat proses karantina yang dilakukan oleh para ilmuan pinguin untuk melindungi spesies ini agar tidak punah.

9. Mengikuti lokakarya Weta Workshop

Bagi kamu yang tertarik dibidang perfilman, kamu bisa mengikuti lokakarya di Weta Workshop. Weta workshop sendiri adalah studio desain dan pusat produksi fisik yang bekerja di bidang kreatif dan industri film.

Tahun ini, seminar yang diadakan ada berbagai macam seperti lokakarya memahat, mengikis, serta pembuatan perhiasan di tengah masa liburan.

Tidak berhenti di sana, kamu juga dapat mempelajari tentang dekor, kostum, dan barang-barang yang dibuat khusus untuk film favoritmu.

10. Berlayar ke masa lampau

Di sini kamu bisa merasakan dan belajar mengenai budaya Maori pada masa jaya pelayarannya.

Belajar mengenai navigasi lampau bersama pelaut ulung Te Aturangi Nepia-Clamp. Mereka telah berlayar melewati Samudra Pasifik berkali-kali di masa lampau.

Pelayaran akan dimulai di Gisborne, Tairawhiti adalah waka hourua, kapal Polinesia dengan dua lambung kapal dan panjang 22 meter.

Untuk versi modern dari kapal ini terbuat dari kaca fiber dan kayu, serta ditenagai minyak kelapa, diesel, dan sinar matahari.

11. Berjalan keliling Kota Auckland bersama Aucky Walky

Bersama dengan grup kecil dan privat kamu bisa berjalan keliling kota Auckland bersama pemandu profesional.

Bersama Aucky Walky kamu dapat menemukan monumen, makanan lokal, dan tempat-tempat tersembunyi di kota tersebut. Saat berada di perjalanan kamu dapat menyimak cerita unik dari kota ini.

Kamu akan didorong untuk berayun di ketinggian 150 meter di sela-sela jurang dan seakan jatuh ke dalam lembah.

Kamu akan merasakan sensasi berayun dalam waktu 1,5 detik dengan kecepatan hampir 100 km per jam. Ayunan ini terletak tidak jauh dari kota Queenstown.

13. Melintas di jalur pendakian baru di Paparoa Great Walk

Baru dibuka untuk kegiatan mendaki mulai tanggal 1 Desember 2019, trek Paparoa adalah Great Walk New Zealand yang ke-10.

Jalur pendakian ini akan membawa turis untuk melewati pegunungan dengan pemandangan spektakuler dan belantara pinggir pantai.

Jalan sepanjang 55 km ini terbentang dari timur ke barat menyeberangi pegunungan Paparoa. Perjalanan mulai dari desa kecil bernama Blackball, melewati puncak gunung, hutan hujan.

Lalu berakhir di pesisir barat pantai Punakaiki yang terkenal dengan sebutan Pancake Rocks. Namanya Pancake Rocks karena formasi batu yang menyerupai tumpukan panekuk dan lubang sembur.

Studio Ta Moko di kota Rotorua, Pulau Utara bisa menjadi pilihanmu dalam membuat tato Maori. Proses pertama yang harus kamu lakukan adalah Koreko. 

Kamu akan memulai obrolan dengan salah satu artis Ta Moko yang akan menggambar tato. Sehingga ia bisa memahami tato seperti apa yang ingin digambar di tubuhmu.

15. Berkemah di Stadium Olahraga rugbi

Menginap di Eden Park merupakan impian para pecinta olah raga rugbi. Sensasi menginap unik ini dapat kamu pilih saat ada pertandingan atau tidak ada pertandingan.

Kamu nantinya akan tinggal di tenda glamping berbentuk kubah dengan pemandangan lapangan rugbi.

Pertandingan rugbi dan kriket bisa kamu lihat dari tenda. Saat pertandingan usai, stadium akan sepi dan terasa seperti milik pribadi.

Kamu juga bisa mengambil paket ‘Haka on the Park’ untuk melihat ritual dan aktivitas di balik layar sebelum pertandingan.

Kamu bisa menginap di rumah petani, pekebun, dan peternak. Kamu juga bisa berinteraksi dengan anggota keluarga mereka.

Tidak hanya menginap,, kamu bisa mengikuti tur makanan, belajar tentang ‘regenerasi agrikultur’,dan bagaimana penduduk lokal ini berkontribusi ke ekosistem sehat.

17. Staycation di Night Sky Cottage

Keberlanjutan adalah fokus utama dari pembuatan tempat peristirahatan mewah dan ramah lingkungan, Night Sky Cottage Ruapehu.

Di penginapan ini jangan harap kamu bisa menciptakan sampah. Kegiatan dalam penginapan adalah mengumpulkan air sendiri, memproses air limbah di tempat, dan membuat pupuk dari sisa makanan.

Demi meningkatkan komitmen terhadap keberlanjutan, pemilik dari akomodasi ini membuat dan mendaur ulang lilin, pemantik api, dan sabun yang disediakan untuk pengunjung.

18. Liburan yang ramah lingkungan saat Festival Splore

Di festival Ini kamu bisa merasakan sensasi pesta pantai yang ramah lingkungan. Hal tersebut merupakan daya tarik tersendiri bagi Festival Splore.

Selama tiga hari festival ini akan menampilkan pertunjukan musik.

Semua kalangan akan dibawa larut dalam suasana festival dengan menikmati alam terbuka di Tapapakanga Regional Park, di selatan kota Auckland.

Kamu bisa memilih metode penginapan saat festival ini, yaitu berkemah di tenda, bersantai di campervan, atau glamping. Festival ini diselenggarakan pada 21 hingga 23 Februari

Tempat ini cocok bagi kamu yang merasa penat dan ingin menghilangkan stres. Terdiri dari lima kolam pemandian air panas yang terletak di tepi sungai hutan alami.

Selain itu, kamu juga bisa dimanjakan dengan perawatan spa yang mewah sembari melihat pemandangan hutan di pinggir sungai.

Hanmer Springs juga menawarkan berbagai aktivitas menarik lainnya seperti mengunjungi kebun anggur, menaiki perahu jet, dan bungy jumping.

20. Temukan ketenangan diri di Earth Energies NZ Sanctuary

Selandia Baru juga memiliki tempat yang dapat menenangkan diri. Jika kamu penat dengan situasi perkotaan yang padat, kamu bisa mengunjungi pedesaan kecil dengan pemandangan dataran Hauraki.

Terletak di perkebunan organik, Earth Energies menawarkan akomodasi eksklusif di kabin yang tenteram dengan fasilitas perawatan khusus untuk kesehatan dan kesadaran batin.

Fasilitas ini menggunakan teknik terapi relaksasi mendalam.

https://travel.kompas.com/read/2020/01/17/150400927/wisata-selandia-baru-20-rekomendasi-aktivitas-untuk-tahun-2020

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+