Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Perhatikan, 6 Tips Liburan ke Thailand untuk Pemula

JAKARTA, KOMPAS.com - Liburan pertama akan jadi berkesan jika pengalaman yang dilalui menarik. Oleh karena itu, pastikan punya rencana liburan dan tahu tipsnya.

Bagi kamu yang berencana liburan ke Thailand untuk pertama kali, misalnya, Kompas.com merangkum enam tips yang bisa jadi panduan kamu berlibur di sana.

Panduan ini bisa kamu pakai agar liburan sesuai rencana dan berkesan. Berikut tips sederhana yang bisa kamu lakukan saat liburan ke Thailand untuk pertama kali.

1. Cara Berpakaian

Saat liburan ke Thailand, pasti kamu akan mengunjungi berbagai kuil yang cantik. Perlu diingat, saat masuk ke kawasan kuil sebaiknya kenakan baju yang sopan.

Pasalnya, meskipun kerap dikunjungi sebagai tempat wisata, kuil tetaplah tempat ibadah yang disakralkan dan perlu dihormati.

Hal ini diungkapkan saat ditemui di Astindo Travel Fair 2020 di Jakarta Convention Center, Jumat (21/2/2020).

Jika tengah menggunakan celana pendek atau tank top, biasanya akan dianjurkan memakai kain agar terlihat lebih sopan.

Namun, selain di kuil, kamu bebas menggunakan baju yang ingin dipakai. Kamu bisa pakai celana pendek atau baju tipis untuk menyesuaikan cuaca di Thailand yang cukup panas.

2. Berburu makanan

Harga makanan yang dijual ramah di kantung. Dengan bermodal Rp 20.000, kamu sudah bisa menyantap satu porsi makanan.

Kamu tidak akan sulit menemukan street food di Thailand, terutama di Bangkok. Namun hal yang perlu diperhatikan, apakah makanan tersebut menggunakan bahan-bahan halal.

Kamu bisa menayakan terlebih dahulu ke penjual, bahan olahan apa saja yang digunakan dengan menyebut kalimat: 'mi muu mai?' yang berarti 'mengandung babi tidak?'.

Kamu juga bisa mengatakan kata 'muu' yang berarti babi dengan nada bertanya.

Namun, tidak semua jajanan street food di Thailand menggunakan babi. Banyak street food yang menggunakan ayam, sapi dan ikan dengan rasa menggoyang lidah.

Kamu bisa berburu makanan di tempat seperti Yaowarat, Pratunam, Khao San Road, Talad Neon dan masih banyak lagi.

Cita rasa makanan di Thailand tidak jauh berbeda dengan hidangan di Indonesia. Pasalnya, sebagian besar menonjolkan cita rasa asam, manis, pedas, gurih yang familiar.

3. Transportasi

Deviana menuturkan, Thailand memiliki berbagai macam transportasi umum seperti BTS sky train, MRT, bus, taksi hingga transportasi lokal.

Namun, ada satu kendaraan yang menjadi daya tarik bagi para turis--tuk tuk. Kendaraan ini berbentuk seperti bajaj dan sering lalu lalang di Bangkok.

Bagi yang mementingkan urusan dompet, kamu bisa menggunakan transportasi online. Salah satu merek transportasi online di Indonesia pun bisa diakses di Thailand.

Kamu juga bisa menyewa mobil tipe van dengan harga rata-rata satu hari seharga 3.000- 4.000 bath yang setara dengan Rp 1,2 juta.

Mobil van memiliki ukuran besar dengan memiliki kapasitas 10-11 orang. Ada juga mobil dengan ukuran lebih kecil yang berkapasitas lima hingga delapan orang.

Kamu perlu memperhatikan musim jika hendak berlibur di pantai Thailand. Hal ini berpengaruh pada penuh atau tidaknya pantai tersebut.

"Lebih baik pada saat musim panas. Kalau musim hujan, ombaknya tinggi, ada badai, jadi kalau bisa bulan-bulan seperti April hingga Juni," papar Deviana.

Pantai juga akan lebih indah saat musim panas, karena laut akan berwarna biru kehijau-hijauan, langitnya cerah dan anginnya tidak terlalu kencang.

Kamu juga harus mempersiapkan sunscreen saat musim panas. Sebab, cuaca di pantai akan sangat panas. Selain itu, saat kamu berpergian di musim hujan, siapkan payung.

"Hotelnya juga bervariasi ada yang hostel, ada yang bintang tiga, empat dan lima. Hotel dengan bintang tiga dan empat harganya masih terjangkau," ujar Deviana.

Untuk hotel bintang empat, harganya mulai Rp1,2 juta-an, sedangkan harga hostel mulai ditawarkan dari Rp 100.000-Rp 400.000.

Bagi kamu yang pergi dengan konsep backpacker bersama teman, maka cocok menginap di hostel.

Namun, jika berpergian dengan keluarga, lebih baik menyewa hotel bintang empat yang memiliki tipe kamar besar.

"Biasanya kalau grosir atau belinya banyak bisa ditawar," ujar Deviana.

Jika ingin berburu oleh-oleh dan baju dalam jumlah besar, kamu wajib mengunjungi Platinum Fashion Mall di Bangkok.

Di sini, kamu bisa membeli baju yang bisa untuk oleh-oleh atau dijual kembali di Indonesia. Harganya pun terjangkau, yakni satu baju (atasan) rata-rata tidak sampai Rp 100.000. 

Lalu juga ada Chatuchak Weekend Market. Di sini, kamu bisa menemukan lapak baju yang fashionable dengan harga terjangkau.

Kamu juga bisa memburu jajanan pinggir jalan di sini. Pasar ini hanya buka pada hari Sabtu dan Minggu.

https://travel.kompas.com/read/2020/02/23/114000327/perhatikan-6-tips-liburan-ke-thailand-untuk-pemula

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke