Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ayam Pelalah ala MasterChef Indonesia, Cicip di 4 Warung Nasi Ayam Favorit Bali Ini

Ronde pertama kedua kontestan diberikan tantangan memasak hidangan Bali yaitu ayam pelalah.

Kali ini, Chef I Gede Putu Hendra Mahena menantang keduanya untuk memasak makanan khas Bali yang terkenal pedas itu dalam waktu 60 menit.

"Ayam ini terkenal disuwir-suwir dan rasanya cenderung kuat pedasnya," kata Chef I Gede Putu Hendra.

Jika kamu sedang atau berencana ke Bali dan ingin mencicipi nikmat dan pedasnya ayam pelalah, kamu bisa mengunjungi beberapa warung makan yang sudah populer.

Beberapa warung tersebut, seperti Nasi Campur Ayam Sukreni, Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku, Nasi Bali Men Weti, dan Warung Nasi Ayam Bu Oki.

Berdiri sejak tahun 1990-an di Denpasar, warung ini sudah terkenal akan hidangan khas ayam yang diramu dengan rasa pedasnya atau disebut pelalah dalam bahasa Bali.

Selain ayam pelalah, menu makanan lain yang disajikan, seperti ayam goreng bumbu bali, udang kuah bumbu bali, cumi goreng kuah bumbu bali, aneka sayuran khas Bali.

Kamu juga bisa membungkus satu kotak nasi sebagai oleh-oleh khas Bali. Ada empat cabang nasi campur ayam Sukreni di Bali, yakni Kuta atau Airport, Uluwatu, Jimbaran dan Nusa Dua.

Untuk harga menu makanannya yaitu ayam galak atau ayam pelalah Rp 22.000, bebek galak Rp 28.000, dan ikan galak Rp 35.000.

Beragam masakan yang ada di warung makan ini tak perlu diragukan lagi rasanya. Kamu bisa merasakan pedasnya ayam pelalah yang menonjok lidah, sate lilit, sayur lawar dan beragam makanan minuman lainnya.

Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku ini bisa kamu temui dan nikmati pedasnya di daerah Seminyak dan Ubud, Denpasar.

Harganya terjangkau, yakni satu porsi nasi ayam Kedewatan dibanderol dengan  Rp 17.000 dan untuk segelas minuman es lemon teh Rp 5.000.

Masakan khasnya adalah komposisi nasi campur dengan ayam pelalah hingga sate lilitnya. 

Kamu cukup membawa uang Rp 20.000, untuk menikmati nasi campur khas Bali tersebut dengan lima sate lilit seharga Rp 5.000.

Dulunya, nasi ayam ini hanya dikenal oleh warga sekitar warung, namun kini sudah terkenal dan jadi pilihan kuliner bagi wisatawan.

Kamu bisa memilih paduan ayam kampung yang dimasak dengan base genep atau racikan rempah khas Bali, ayam pelalah, sambal matah yang wangi, kacang yang renyah, dan tentunya sate lilit yang dibakar hingga menimbulkan wangi harum.

Sebelum ke Pantai Jimbaran disarankan mengisi perut terlebih dulu di warung makan ini. Untuk harga, satu porsi nasi ayam dihargai Rp 25.000.

https://travel.kompas.com/read/2020/03/08/200500927/ayam-pelalah-ala-masterchef-indonesia-cicip-di-4-warung-nasi-ayam-favorit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke