Salin Artikel

Akhir Pekan Masak Steak, Ini Cara Membuat Saus Steak ala Restoran Bintang Lima

Ada beberapa saus yang biasanya digunakan di restoran untuk melengkapi sajian steak. Mulai dari saus jamur, saus barbekyu, dan saus lada hitam.

Untuk kamu yang ingin membuat steak sendiri lengkap dengan saus ala restoran bintang lima di rumah, berikut salah satu resep yang bisa dicoba.

Saus truffle dan jamur

Executive Sous Chef di JW Marriott Jakarta, Heri Purnama, memberikan cara untuk membuat saus truffle dan jamur yang bisa melengkapi sajian steak.

Terkesan mewah dengan sentuhan minyak truffle. Namun minyak truffle bisa kamu beli di toko-toko online. Per botolnya di kisaran Rp 150.000 ukuran 125 ml. 

Bahan-bahan yang dibutuhkan berupa jamur segar, garam, merica, bawang putih, daun thyme, minyak zaitun, tepung terigu, kaldu ayam, susu, krim, minyak truffle, keju parmesan, dan daun parsley.

Kamu bisa menggunakan jamur segar jenis jamur kancing dan jamur shitake.

Pertama, masak jamur segar dalam wajan kering sampai semua cairan keluar. Jangan buang cairan dari jamur tersebut, simpan untuk digunakan nanti. Kemudian sisihkan keduanya.

“Tambahkan (jamur dan cairan) ke dalam wajan dan tambahkan 1 sendok makan minyak zaitun. Tambahkan garam dan merica, bawang putih, dan thyme. Kemudian masak sebentar lagi,” jelas Chef Heri.

Selanjutnya, tambahkan tepung terigu secukupnya dan lanjutkan masak sebentar hingga mengental. Setelah itu, tambahkan kaldu ayam dan susu atau krim.

“Didihkan sampai matang dengan api sedang. Tambahkan sedikit minyak truffle dan keju parmesan. Lalu angkat saus yang sudah matang dari api dan tambahkan daun parsley yang sudah dicincang,” tutup Chef Heri.

Saus chimichurri

Selain saus jamur sederhana ala Chef Heri, ada juga beberapa jenis saus lain yang cukup sederhana untuk dibuat. Dilansir dari BBC Good Food, kamu bisa coba membuat saus chimichurri.

Pertama, siapkan 1 siung bawang putih, 1 buah cabai merah, ketumbar dan daun parsley secukupnya, 3 sendok makan cuka anggur, dan 2 sendok makan minyak zaitun.

Cara membuatnya cukup mudah, cukup haluskan semua bahan di dalam prosesor makanan dan tambahkan minyak zaitun dan campurkan kembali hingga merata.

Beri bumbu dengan garam dan merica secukupnya, lalu sajikan bersama daging steak yang sudah matang.

Saus lada hitam

Selain itu, ada juga saus lada hitam yang cukup mudah untuk dibuat. Bahan-bahan yang harus kamu persiapkan, adalah dua sendok makan cuka anggur. Didihkan cuka anggur dengan api kecil.

Kemudian tambahkan 150 ml kaldu ayam dan terus didihkan hingga cairan berkurang setengahnya dengan api besar. Lalu tambahkan dua sendok teh lada hitam setelah sebelumnya dihancurkan hingga jadi bubuk.

Beri bumbu tambahan berupa garam dan aduk hingga merata. Lalu tambahkan 4 sendok makan krim kental. Didihkan lagi selama 1-2 menit hingga sausnya mengental. Saus lada hitam pun siap disajikan.

https://travel.kompas.com/read/2020/04/03/190139727/akhir-pekan-masak-steak-ini-cara-membuat-saus-steak-ala-restoran-bintang-lima

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.