Salin Artikel

251 Desa Wisata Jabar Dikembangkan Secara Bertahap, Targetnya Mendunia

KOMPAS.com – Kepala Dinas Pariwisata Jawa Barat Deddy Taufik menuturkan, pihaknya tidak memiliki target jumlah desa wisata baru yang akan dikembangkan sepanjang 2020.

“Kalau bisa sebanyak-banyaknya. Jawa Barat ini memiliki 5.312 desa. Dari 5.312 desa, tapi kita coba turunkan pada 251 desa wisata dulu dari 27 kota dan kabupaten,” kata Deddy kepada Kompas.com, Senin (5/10/2020).

Deddy mengatakan, pengembangan desa wisata dilakukan untuk memberdayakan masyarakat sebagai langkah untuk memulihkan perekonomian industri pariwisata.

Tidak hanya itu, menurutnya, desa wisata di Jabar memiliki potensi untuk semakin diangkat dan mendatangkan wisatawan lokal karena saat ini mereka adalah target utama untuk desa wisata.

“Dalam new normal, kami ingin fokus masuk desa dulu supaya industri lokal desa berkembang,” tutur Deddy.

Hanya yang memenuhi kriteria

Deddy mengatakan, pengembangan desa wisata akan didasari pada sejumlah kriteria.

“Ada kriteria embrio, berkembang, dan maju. Kita akan lihat dulu beberapa desa itu masuk klasifikasi mana,” ujar Deddy.

Apabila sebuah desa wisata memiliki potensi seperti alam atau kerajinan tangan namun belum ada tempat wisata, pihaknya akan bantu membuatkan tempat wisata.

“Kalau kategori berkembang, kita coba kombinasikan dengan keunikan. Bisa saja wisata alamnya, ekonomi kreatifnya,” ucap Deddy.

Deddy mengatakan, saat ini pihaknya tengah mengklasifikasikan 251 desa wisata yang ada untuk mulai semakin dikembangkan.

Salah satu yang termasuk dalam daftar tersebut adalah Desa Bantaragung di Kabupaten Majalengka yang terkenal akan Ciboer Pass-nya.

“Sekarang dari 251 desa wisata, kalau misal dibagi bertahap lima tahun, per tahun harus berapa desa? Kita ingin tahun ini sebanyak-banyaknya dikembangkan,” kata Deddy.

“Tagline kami sekarang adalah tinggal di desa, rezeki kota, bisnis mendunia. Jangan sampai warga desa malah pergi ke kota,” imbuhnya.

Embrio

  • Kelurahan Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi: Memiliki Klenteng Hok Lay Kiong
  • Kampung Kranggan, Kecamatan Jatisampurna, Kota Bekasi: Memiliki Kampung Budaya Kranggan
  • Desa Karangpakuan, Kecamatan Darmaraja, Kabupaten Sumedang: Memiliki Wisata Waduk Jatigede
  • Desa Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi: Memiliki Wisata Berkuda Pakuhaji, Taman Kehati Cimahi, dan Wisata Kampung Legok Awi
  • Desa Lingga Mekar, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan: Memiliki Gedung Perundingan Linggarjati dan Taman Wisata Alam Linggarjati

Berkembang

  • Desa Karangsong, Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu: Memiliki ekowisata taman bakau dan Pantai Karangsong
  • Desa Suntenjaya, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat: Memiliki agrowisata, wisata edukasi peras susu sapi, Bumi Perkemahan Taman Bincarung, dan Situs Batu Lonceng
  • Desa Sukaraja, Kecamatan Rajapolah, Kabupaten Tasikmalaya: Memiliki Museum Sukapura dan batik Sukaraja
  • Desa Batukaras, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran: Memiliki Situs Cisamping dan Danau Cisamping
  • Desa Tapos, Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor: Memiliki Tenjolaya Park dan Situs Prasejarah Arca Domas Cibalay

Maju

  • Desa Cibeusi, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang: Memiliki Curug Cibareubeuy dan Curug Ciangin
  • Desa Bantaragung, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka: Memiliki terasering sawah Ciboer Pass, Curug Cipeuteuy, Bumi Perkemahan Awi Lega, dan Bukit Batu Semar
  • Desa Cibuntu, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan: Memiliki Bumi Perkemahan Desa Cibuntu, ekowisata kebun karet, Air Terjun Gongseng, Sumber Mata Air Kahuripan, Situs Bujal Dayeuh, dan Kampung Kambing
  • Desa Cibunut, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung: Memiliki Taman Sejarah Bandung

https://travel.kompas.com/read/2020/10/06/174000727/251-desa-wisata-jabar-dikembangkan-secara-bertahap-targetnya-mendunia

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.