Salin Artikel

Sepinya Pantai Labombo di Palopo, Sulawesi Selatan Saat Pandemi

KOMPAS.com- Selama masa pandem,i banyak sekali wisata yang mengalami pengurangan pengunjung, salah satunya pantai Labombo di Palopo, Sulawesi Selatan.

Pengelola Pantai Labombo bernama Max Taruk Allo mengeluhkan jumlah pengunjung yang berkurang di Labombo selama masa pandemi.

"Selama pandemi ini sangat sepi pengunjung. Per hari yah biasa 10, paling banyak 20 pengunjung," kata Max ditemui Kompas.com di Salekoe, Kecamatan Wara Timur, Kota Palopo, Rabu (18 Maret 2021).

Kondisi itu makin memperburuk keadaan wisata yang mulai sepi pengunjung sejak tahun 2018. Itu karena banyak bencana alam, seperti tsunami dan gempa bumi yang beberapa kali melanda Sulawesi.

"Jadi orang itu takut ke laut. Sedangkan market kita kan selain orang Palopo ya orang dari luar, seperti Toraja begitu dan mereka takut turut ke laut, ditambah juga jalan akses dari Toraja ke sini putus," kata Max.

Akibat sepinya Pantai Labombo

Beberapa sarana outbond, seperti flying fox, mesin bebek, perahu, banana boat, dan speed boad terlihat tidak terawat, bahkan rusak karena kurangnya perawatan.

"Kita sudah tutup semua aktivitas outbond. Ini karena kurang dukungan dari pemerintah. Misalnya ada kegiatan pemerintah, ada kegiatan outbond bisa memanfaatkan fasilitas di sini kan jadi mendukung juga orang ke sini, otomatis orang banyak tahu tempat itu," ujar Max.

Pengurangan jumlah pengunjung juga memengaruhi beberapa sektor lain. Pasalnya pariwisata merupakan industri yang terikat industri lainnya seperti hotel, penginapan, restoran dan rumah makan.

"Saya itu maunya kita berdayakan banyak sektor. Misalnya penjual ikan, arang, es kelapa muda, durian untuk berjualan di sini juga silahkan. Saya cuma kasih uang kebersihan saja," tambah Max.

Dirinya berharap setelah pandemi, wisatawan lebih banyak berkunjung ke Pantai Labombo dan pemerintah lebih memperhatikan industri pariwisata, khususnya pemerintah kota Palopo dengan terus berinovasi dan bekerjasama dengan wilayah lain.

https://travel.kompas.com/read/2021/03/21/070700527/sepinya-pantai-labombo-di-palopo-sulawesi-selatan-saat-pandemi

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.